Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kadir dan tim dari Program Studi Magister Pedagogi Universitas Lancang Kuning menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks recount pada siswa tahun pertama Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri 1 Pendalian IV Koto. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki keterampilan menulis teks recount dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Pendalian IV Koto --Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas pertama dan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari siklus pertama menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan tingkat keberhasilan siswa mencapai 83%, sedangkan siklus kedua berhasil mencapai 100%. Selain itu, tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat dari 85,41% pada siklus pertama menjadi 94,44% pada siklus kedua.
Penggunaan media gambar seri terbukti efektif dalam membantu siswa menulis teks recount. Media ini memungkinkan siswa untuk melihat serangkaian gambar yang berkaitan dengan topik dan menghubungkannya menjadi sebuah cerita yang koheren. Metode ini tidak hanya mempermudah siswa dalam menyusun ide, tetapi juga membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa mengenai struktur teks recount. Dengan menghubungkan gambar-gambar yang berbeda, siswa dapat menyusun teks recount secara lebih logis dan teratur. Metode ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, sehingga mereka lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan menulis.
Observasi selama penelitian menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih antusias dan terlibat dalam kegiatan menulis setelah menggunakan media gambar seri. Mereka tidak hanya lebih mudah dalam menyusun teks, tetapi juga menunjukkan peningkatan dalam kreativitas dan kemampuan menyampaikan cerita secara kronologis.
Penelitian ini juga menggarisbawahi pentingnya kreativitas dalam pengajaran. Guru diharapkan dapat memanfaatkan berbagai metode dan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan gambar seri memberikan pendekatan yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.
Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan metode pengajaran bahasa Inggris di tingkat SMK. Dengan adopsi media gambar seri, diharapkan siswa tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis teks recount tetapi juga mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan produktif.
Peneliti berharap bahwa temuan ini akan mendorong lebih banyak pendidik untuk menerapkan media gambar seri dalam pembelajaran mereka. Bagi yang tertarik untuk mendalami lebih lanjut mengenai penelitian ini, dapat menghubungi Kadir melalui email di alikadri722@gmail.com, atau rekan-rekan peneliti lainnya di srikayana6@gmail.com, sabarudin@gmail.com, dan yustiti270377@gmail.com.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H