Desa Blangu, Kecamatan Gesi, Kabupaten Sragen (13/02/23) Pada saat ini perkembangan teknologi memiliki dampak besar pada setiap bagian dalam kehidupan. Tidak hanya mengubah cara berkomunikasi antar manusia, tetapi juga mengubah metode perdagangan. Seperti yang sudah banyak diketahui, ada beberapa cara berjualan melalui teknologi. Salah satu contohnya adalah e-commerce. Pertumbuhan e-commerce berguna untuk tempat jual-beli barang secara online yang dapat digunakan oleh pengusaha.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penggunaan e-commerce semakin meningkat dari tahun ke tahun. Baik itu sebagai pelanggan e-commerce maupun penjual yang menjual produk nya melalui e-commerce. Hal ini dikarenakan melalui e-commerce penjualan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Karena lingkup pemasaran lebih luas sehingga banyak sekali orang yang dapat mengetahui produk yang dijual di e-commerce.
Karena hal itu dengan adanya media sosial maupun e-commerce sebagai platform berjualan menjadi kesempatan yang sangat baik bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk usahanya. Selama ini kendala yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM terutama yang berada di pedesaan adalah masalah pemasaran. Pelaku UMKM khususnya di desa lebih sering memasarkan produknya antar tetangga. Cukup sulit untuk memasarkan produk keluar dari lingkup desa.
Pemasaran produk usaha melalui media sosial maupun e-commerce bisa memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM. Salah satu keuntungan yang dapat dirasakan oleh pelaku UMKM adalah biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Hal ini dikarenakan pelaku usaha hanya perlu mempersiapkan handphone dan internet yang memadai. Berbeda dengan penjualan di toko fisik yang pastinya membutuhkan biaya yang tinggi. Mulai dari menyewa gedung, biaya air, listrik, dan biaya untuk promosi produk.
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro memberikan "Sosialisasi Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce untuk Pemasaran Produk Usaha". Sosialisasi ini dilakukan oleh Ratrya Mutiara Citta, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro.
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2023 di Balai Desa Blangu dengan mengundang pelaku usaha dan warga yang tertarik untuk merintis usaha. Sosialisasi ini dilakukan untuk memperkenalkan media sosial dan e-commerce sebagai platform untuk memasarkan produk usaha. Pelaku usaha di Desa Blangu masih ada yaang belum memakai media sosial atau e-commerce untuk memasarkan produk usahanya.
Materi ynag dipaparkan antara lain pengertian secara umum mengenai media sosial dan e-commerce, serta kegunaannya untuk memasarkan produk usaha. Selain itu dipaparkan juga mengenai keuntungan memakai media sosial maupun e-commerce untuk memasarkan produk usaha, hal yang harus diperhatikan saat berjualan di media sosial, dan trik meningkatkan penjualan.
Pada kegiatan sosialisasi juga disertakan contoh beberapa akun media sosial dari sebuah toko yang menjual produk. Selain itu, diberikan juga tips penggunaan caption yang menarik untuk memasarkan produk usaha melalui media sosial agar calon konsumen tertarik.
Ibu-ibu yang datang pada kegiatan sosialisasi terlihat sangat antusias pada saat pemaparan mengenai cara pembuatan akun penjual di Shopee dan pembuatan Whatsapp Business yang disertai dengan modul yang diberikan satu-persatu kepada pelaku usaha yang datang. Pada saat sesi tanya jawab juga pelaku usaha maupun warga aktif untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran melalui media sosial maupun e-commerce.