Mohon tunggu...
ratna purnamawati
ratna purnamawati Mohon Tunggu... Guru - guru fisika SMA

guru fisika SMA yang suka musik, menulis, nonton bola, dan menanam anggrek

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Sangat Semangat (S2)

13 September 2024   22:06 Diperbarui: 13 September 2024   22:11 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-unesa.html

SANGAT SEMANGAT (S2)

Ini cuma catatan kecilku selama 3 hari, mulai rabu sampai jum'at. Rabu hari pertama kuliah, mata kuliah murni, bisa diatasi. Lanjut ke mata kuliah pendidikan. Seperti biasa kenalan, lha kok ditanya tesisnya tentang apa? Kaget pol aku, aku gak ngira pertemuan pertama sudah ditanya itu. Aku ingat waktu mau nulis best practice aku ngobrol ma bu Ani: bu aku ngajarin anak lagu arah mata angin tadi. Wow, dia gitu. Ya. Mo aku jadikan best practice ae, mengajar pake cerita dan lagu. Aslinya beberapa minggu yang lalu aku baca berita tentang guru SMP yang ngajari siswanya pake cerita dan lagu. Beliau guru IPA, aku baca beritanya. Menarik sekali, aku biasa nyanyikan sesuatu ke muridku biar mereka cepat hapal. Karena aku ingat momen aku ngobrol ma bu Ani, aku jawab ae pembelajaran fisika menggunakan cerita dan lagu.

Sekelas kita ada 11 mahasiswa, aku termasuk yang tua. Tapi aku ngakunya umur 24, hehehe. Ya jelas mereka gak percaya, aku sudah 42. Umur 42 tapi wajah 24, hahaha...Teman-temanku masih muda, fresh graduate. Cocoke jadi anakku, kalo usia mereka 22, aku melahirkan usia 20 kan wajar. Santun semua, yang urakan aku. Loh? Diam aja, aku yang memulai cerewet. Aku kira teman-temanku para guru yang sudah tua, ternyata...anak muda. Semangat! Gaul dengan anak muda menjadikan aku muda kembali. Emang bisa?

Aku kena flu sejak jum'at minggu yang lalu, badanku meriang panas dingin. Belum sembuh sampai sekarang. Malah + batuk juga. Jadi waktu mengikuti kuliah...pusing, gak konsen aku, tapi ya sedikit-sedikit bisa aku ikuti. Sambil tanya-tanya terus ke dosen. Memalukan, aku yakin anak muda- anak muda itu dah paham. Biarin ae mereka berpikir apa tentang aku. Aku sudah lama gak kuliah, trus tentang model pembelajaran atau apalah itu aku lupa. Ada tentang variable juga, aku gak paham. Opo iki? Aku lupa semua. Ada efek dari obat yang aku minum tiap hari, ya aku mudah lupa.

Trus tentang kelasku? Gimana? Aku dah lapor ke wakakur tentang jadwal kuliahku. Lha rabu kok kuliah jam 9. Gpp, aku masuk kelas anak-anak aku suruh ngerjakan soal. Aku tinggal, aku kuliah sembunyi di pojok ruang lobi. Kamis acara mgmp. Tidak datang karena kuliah. Drs, di rumah saja mengikuti kuliah. Santai. Jum'at aku kuliah jam 7. Aku juga ngajar di lantai 2. Sebelum jam 7 aku dah masuk kelas, anak-anak melongo. "Gpp, kalian kerjakan itu!", ada tulisan singkatku di whiteboard. "Aku kuliah cah, ojo rame ya". Muridku liat gurunya menjadi siswa.

Ini lagi yang buat aku kaget. Ternyata kuliah S2 gini ya, dosen cuap-cuap sedikit trus langsung kasih tugas ke mahasiswanya. Sebenarnya itu wajar, soale yang diajar adalah orang, bukan anak. Mahasiswa S2 pasti sudah lulus S1, jadi ya pasti paham meski tidak dijelaskan. Mosok seh??? Untung teman-temanku masih muda, biar mereka yang kerjakan tugas-tugasnya, kita yang tua nunggu hasilnya aja. Aku yakin anak muda itu lebih pintar dari kita yang tua. Jaman kita sudah beda, mereka pasti lebih ahli dariku. Untung ada kalian, aku gak bisa bayangkan kalo teman-temanku orang tua semua. Pusing semua mungkin. Ya aku manfaatkan ae, suruh bantuin. Bukan dimanfaatkan sih, saling bantu menbantu, halusnya gitu deh. Hehe..

Lupa, ada lagi. PJ, apa itu PJ? Penanggung jawab. Aku terpaksa menulis namaku karena tidak ada yang menuliskan di MK elektrodinamika. Asline aku wegah, moh. Tapi gpp wes, daripada gak ada. Aku juga gak tau nanti tugasku apa, pokoke berhubungan dengan pak Imam dosen elektrodinamika. He is able in English, he told us that he had studied abroad. Maybe someday I will use English if I make conversation with him. Aku lebih suka japri, malu ke teman-teman kalo nulis di grup.

Kalo berhubungan dengan teman-teman, ya asyik menurutku. Tiap orang berbeda, pasti itu. Memiliki sifat dan karakter masing-masing sesuai orangnya. Yang muda sopan-sopan, suka membantu juga. Semoga dalam perjalanan kita untuk mencapai gelar magister  selalu seperti itu, ringan tangan. Semoga kita bisa lulus 1,5 tahun guys. Amin

Dari yang aku alami selama tiga hari mengikuti kuliah, aku harus mengatur waktuku dengan baik. Eling Na, kowe nduwe bojo. Jangan lupakan suamimu, harus melayaninya. Masak opo? Omahe disapu! Trus aku harus merencanakan pembelajaran untuk siswa-siswaku. Siapkan media pembelajaran, tugas, atau apa aja kalo aku gak di kelas. Sebelum hari rabu harus siap. Apalagi? Jaga kesehatan..ingat itu! Yang kurang-kurang apa nanti ae diingat-ingat lagi.

Sangat Semangat (S2)

Selalu Sabar (S2)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun