Mohon tunggu...
Ratna Permatafuri
Ratna Permatafuri Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika

Mengajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Materi Barisan dan Deret Aritmatika

24 Januari 2023   23:06 Diperbarui: 24 Januari 2023   23:11 629
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang Masalah dari Praktik Pembelajaran

Hal yang menjadi latar belakang pada masalah adalah peserta didik kurang mampu memahami materi matematika khususnya pada Barisan Aritmatika dikarenakan:

  • Model pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan belum membuat pesera didik aktif dalam belajar
  • Media yang digunakan masih sederhana dan belum melibatkan siswa
  • Rendahnya peserta didik dalam kemampuan proses berpikir kritis

Depdiknas selalu berusaha untuk menyempurnakan kurikulum Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika kurikulum 2013 dalam kemampuan berpikir kritis, analitis, terstruktur, kreatif dan logis. Sehingga saat pembelajaran matematika kemampuan berpikir kritis merupakan bagian sangat penting dalam mengolah serta menarik informasi dalam menghadapi tantangan teknologi global (Putri : 2018). Keterampilan Abad 21 mendefinisikan bahwa keterampilan berpikir kritis dibutuhkan dalam mempersiapkan siswa untuk menempuh pendidikan (Ester van Laar : 2017). Sedangkan, menurut Kathleen dan Jonathan (dalam Endrawati & Aini : 2022) berkata bahwa penting untuk memiliki memiliki kemampuan berpikir dalam dunia modern yang mempunyai kesempatan untuk menambah potensi serta memperkaya pengalaman hidup.

Berdasarkan hasil wawancara kesulitan yang dialami peserta didik kelas X SMK TRI KARYA HUSADA disebabkan sebagai berikut:

  • Sarana dan prasana yang tersedia terbatas
  • Matematika masih merupakan pelajaran yang dianggap sulit
  • Model pembelajaran yang monoton
  • Kemampuan berpikir siswa masih rendah

Praktik Pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:

Berdasarkan permasalahan tersebut, praktik baik (best practice)perlu dilakukan untuk mengatasi permasalah pembelajaran dengan mengatasi proses pembelajaran menggunakan model dan metode pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga dalam proses pembelajaran materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam materi Barisan dan Deret Aritmatika adalah Problem Based Learning. Model pembelajaran ini dapat menguatkan kemampuan berpikir serta mengevaluasi pemecahan persoalan tertentu dalam berlatih untuk berpikir kritis.

Peran dan Tanggung jawab dalam pembelajaran

Peran saya sebagai guru yaitu mendesain pembelajaran yang menarik dan inovatif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan membuat media pembelajaran yang akan digunakan seperti LKPD dan Bahan ajar serta PPT untuk menentukan langkah-langkah dalam sintak model Problem Based Learning dengan tujuan peserta didik dapat memahami materi Barisan Aritmatika.

Berdasarkan hasil kajian literatur dan kajian wawancara, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki beberapa tantangan dapam proses pembelajarannya. Adapun tantangan dalam proses pembelajaran Problem Based Learning sebagai berikut:

  • Membutuhkan persiapan yang lebih banyak untuk membuat soal permasalahan yang dikenal dan dapat dipahami peserta didik
  • Membuat media pembelajaran yang membantu peserta didik dalam menyelesaikan persoalan dengan baik
  • Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang rendah
  • Memerlukan waktu yang cukup lama dan bimbingan yang tepat dalam proses pembelajarannya

Dalam mengatasi tantangan tersebut, guru melakukan tindakan sebagai berikut:

  • Guru mencari referensi soal permasalahan yang dapat dipahami peserta didik
  • Guru membuat media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan persoalan dengan baik dan menarik
  • Guru membiasakan memberikan soal berpikir kritis kepada peserta didik sehingga peserta didik terbiasa dalam menyelesaikan soal berpikir kriris
  • Peserta didik melakukan diskusi kelompok dalam menyelesaikan permasalahan dan melakukan persentasi dengan diberi batas waktu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun