Mohon tunggu...
Ratich Andalusi
Ratich Andalusi Mohon Tunggu... Dosen - Lecture UNIVERSITAS PAMULANG

Business Entusiast, Marketing, Fashion Interest, and Hijab Traveller

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Teknologi Informasi Dorong Potensi UMKM Desa Cicalengka Pagedangan Tangerang

24 Desember 2024   20:02 Diperbarui: 24 Desember 2024   20:02 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tangerang --- Di era digital yang terus berkembang, penerapan teknologi informasi telah menjadi kunci utama dalam mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Desa Cicalengka di Kecamatan Pagedangan, Tangerang, kini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana teknologi informasi dapat mengubah wajah ekonomi lokal melalui pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

UMKM di Desa Cicalengka telah mulai memanfaatkan berbagai platform digital, seperti media sosial, e-commerce, dan aplikasi pengelolaan bisnis, untuk memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih luas. Produk unggulan desa, seperti kerajinan tangan, makanan tradisional, dan hasil pertanian lokal, kini dapat diakses tidak hanya oleh warga sekitar tetapi juga oleh konsumen di luar daerah hingga tingkat nasional.

Salah satu pelaku UMKM, Siti Nurjanah, pengusaha makanan ringan khas Cicalengka, mengungkapkan bahwa penggunaan platform media sosial seperti Instagram dan WhatsApp Business telah meningkatkan penjualan produknya hingga 40% dalam enam bulan terakhir. "Dengan teknologi, saya bisa menjangkau pelanggan dari luar Tangerang. Mereka tinggal pesan lewat online, dan saya kirimkan langsung," ujarnya.

Mengambil kesempatan baik untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM, Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program PKM pada tanggal 4-5 Oktober 2024, mengambil peran untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM setempat. Kegiatan ini di lakukan dengan persiapan selama kurang lebih 1 bulan sebelumnya, dimana target kegiatan disasar kepada pelaku bisnis yang ingin mendapatkan informasi terkini tentang teknologi informasi dalam pemasaran.

Kegiatan diketuai oleh Sinta Sulistiani S.E.,M.M dan Narasumber utama Ratih Andalusi S.Si.,M.M beserta tim berlangsung lancar dan mendapatkan atensi dari target peserta. Adapun matari terkait teknologi informasi seperti CRM (Customer Relationship Management) merupakan salah satu strategi penting untuk menjaga pelanggan merupakan materi yang paling diminati oleh target peserta.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun