Mohon tunggu...
Muhammad Rasyid Ridho
Muhammad Rasyid Ridho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perkenalkan nama saya Muhammad Rasyid Ridho, bisa dipanggil Idho. Saya adalah mahasiswa tingkat akhir bidang studi Advertising & Marketing Communication Universitas Mercu Buana.

Berbagi cerita pendampingan UMKM di Tangerang Selatan yang telah selesai saya dan tim jalani.

Selanjutnya

Tutup

Money

Peduli terhadap Negeri, 3 Orang Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Lakukan Pendampingan UMKM di Tangerang Selatan

6 Mei 2022   15:22 Diperbarui: 12 Mei 2022   11:06 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Universitas Mercu Buana Lakukan Pendampingan UMKM

Sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu "Pengabdian Kepada Masyarakat", Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana memungkinkan mahasiswa/i-nya untuk memilih skema Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana S1. Mahasiswa/i yang memilih skema TAPN akan diminta untuk melakukan pendampingan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing.

Salah satu tim yang mengambil skema TAPN adalah tim "Flowing Agency". Tim yang beranggotakan 3 orang mahasiswa/i bernama Muhammad Rasyid Ridho (Strategic Planner), Danny Agustiansyah (Creative Director), dan Fadia Ramadhanty (Media Planner) ini melakukan pendampingan kepada salah satu UMKM di kota Tangerang Selatan bernama "Momastel".

UMKM Momastel merupakan usaha makanan ringan pastel yang telah dijalankan oleh Ibu Lathifah Sayuti selama hampir 10 tahun. Selama ini, Ibu Lathifah hanya menjual pastelnya dari mulut ke mulut saja. Hal inilah yang menarik perhatian tim Flowing Agency sebagai mahasiswa/i  bidang studi Periklanan dan Komunikasi Pemasaran. Bagimana tidak? Usaha ini bisa bertahan hampir satu dekade meskipun dengan kegiatan pemasaran yang masih minim.

Tim Flowing Agency mendampingi UMKM Momastel dalam segi branding dan promosi. Pada awal melakukan pendampingan, UMKM Momastel belum melakukan aktivitas branding dan promosi sama sekali. Bahkan, nama "Momastel" pun di inisiasi oleh ketiga mahasiswa/i ini.

Setelah melakukan pendampingan selama 9 bulan, tim Flowing Agency telah melakukan banyak aktivitas branding dan promosi untuk UMKM Momastel. Saat ini Momastel sudah memiliki logo, packaging, mascot, dan tagline-nya sendiri. Tak hanya itu, Momastel juga telah melakukan aktivitas promosi di berbagai media, baik media digital maupun media konvensional.

Tentunya, Ibu Lathifah sangat bersyukur atas pendampingan yang diberikan oleh tim Flowing Agency. Ibu Lathifah berharap apa yang telah dilakukan oleh Tim Flowing Agency dapat dilanjutkan oleh anak-anaknya. Sehingga Momastel kelak dapat tumbuh menjadi usaha yang semakin besar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun