Mohon tunggu...
Rasti Ananta
Rasti Ananta Mohon Tunggu... Perawat - mahasiwa dari universitas dr soebandi Jember

saya Rasti Ananta anak terakhir dari 4 bersaudara hobi saya adalar traveling dan cita cita saya menjadi perawat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rangkuman PKKMB 2024 Universitas dr. Soebandi

5 September 2024   20:57 Diperbarui: 5 September 2024   21:18 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurutmu apa itu PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)?, yaa mungkin semacam mos sekolah. kenalin aku Rasti ananta, aku di sini mo nge share pengalaman aku saat mengikuti pkkmb atau biasa di sebut ospek.

Kehidupan kampus sangat berbeda dengan kehidupan pada saat SMA. Dan dari PKKMB saya mendapat banyak pelajaran serta gambaran bagaimana kehidupan mahasiswa itu. Ada banyak hal yang membuat saya sedikit merasa kesusahan selama mengikuti PKKMB,namun justru hal itu yang membuat saya mengerti bahwa kedewasaan yang sebenarnya itu adalah bagaimana kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri sampai pada akhir, meskipun pada saat kegiatan PKKMB berlangsung saya mendapat banyak teman baru, tetap saja akhirnya hanya akan tersisa kita sendiri. 

Feel dari PKKMB itu sendiri terasa sangat funny bagi saya pribadi, selain karena sistem yang di gunakan pada saat kegiatan adalah humanis dan mengutamakan kenyamanan, para kaka seniornya juga ramah. Ketakutan saya mengenai ospek seketika lenyap, digantikan dengan perasaan senang karena merasa diterima dikampus ini tanpa merasakan perpeloncoan. 

Dan PKKMB memberikan saya banyak sekali pelanjaran yang pertama yang sangat berdampak kepada saya yaitu bisa menjadi manusia yang disiplin dan selalu ingat waktu yang biasanya selalu telat jika berangkat sekolah kini saya bisa jadi displin tidak pernah telat bahkan setiap malam selalu ngecek barang lagi untuk memastikan ketinggalan atau tidak. Ketika pemberian tugas tentang kesehatan, saya sedikit kaget karena saya bukan lulusan dari kesehatan melainkan dari multimedia, tetapi pendamping saya selalu membantu kesulitan tersebut

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun