BAB I
PENDAHULUAN
- Â
1.1 Latar Belakang
- Layanan kesehatan saat ini diiringi dengan perkembangan kemajuan teknologi, salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan adalah telemedicine. Istilah telemedicine diciptakan pada tahun 1970-an, yang berarti "penyembuhan dari kejauhan". Secara umum, telemedicine mencakup sebuah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan konsultasi medis secara online atau melalui jarak jauh. Telemedicine dapat merevolusi pengiriman layanan kesehatan, meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi bagi pasien, dan meningkatkan layanan kesehatan pada pasien (Alvandi, 2017).
Terjadi lonjakan penggunaan telemedicine di masa pandemic Covid-19. Pembatasan layanan kesehatan karena pasien dan tenaga medis rentan terkena virus, perubahan dalam kebutuhan pasien saat pandemic Covid-19 menjadi salah satu faktor yang mempercepat adopsi telemedicine. Telemedicine dijadikan sebagai strategi pencegahan penyebaran virus Covid-19 karena penggunaannya yang sangat efektif dan tergolong mudah serta mempercepat waktu pelayanan kesehatan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu definisi dari telemedicine?
2. Apa saja faktor yang mempengaruhi pelaksanaan telemedicine?
3. Apa saja hambatan penerapan telemedicine?
4. Bagaimana tingkat kepuasan pasien terhadap penggunaan telemedicine?
5. Bagaimana upaya peningkatan layanan konsultasi kesehatan menggunakan telemedicine?
Â