Mohon tunggu...
Rara Salsabila
Rara Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Communication Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Brand Ambassador NCT Dream Sebagai Penunjang Brand Awareness dan Penjualan Lemonilo

10 Juli 2023   17:29 Diperbarui: 10 Juli 2023   17:48 702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Brand ambassador adalah seseorang atau sekumpulan orang yang dikontrak oleh pihak perusahaan untuk mempromosikan sebuah brand atau produk untuk meningkatkan brand awareness, aktivitas marketing, dan penjualan. Lemonilo sebagai brand pendatang baru dari perusahaan startup yang memiliki fokus penjualan produk makanan instan sehat berusaha untuk meningkatkan awareness dengan cara berkolaborasi dengan boyband asal Korea yang memiliki banyak fans di Indonesia yang sangat supportif jika ada produk dari suatu brand yang melakukan kerjasama dengan mereka.

Kolaborasi ini dimulai pada Januari 2022 dan berakhir pada Januari 2023. Artinya, Lemonilo dan NCT Dream melakukan kolaborasi selama kurang lebih satu tahun. Strategi yang dilakukan Lemonilo berkolaborasi dengam NCT Dream yaitu dengan menyiapkan Photo Card (PC) NCT Dream di dalam kemasan Mie Instan Lemonilo secara random atau acak. Awareness Lemonilo dimulai melalui iklan yang dibintangi oleh NCT Dream sebagai brand ambassador.  Dalam iklan tersebut, NCT Dream mencoba berbagai varian mie yang diproduksi oleh Lemonilo.  Key Message yang digunakan dalam iklan yaitu 'Bersama Lemonilo Menuju Generasi Hebat' dikarenakan Lemonilo merupakan mie yang tanpa pengawet, penguat rasa, dan pewarna buatan sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. 

Kolaborasi Lemonilo dengan NCT Dream dapat dikatakan berhasil karena banyak menarik perhatian dari generasi muda khususnya pecinta KPop atau fans NCT Dream. Banyak penggemar yang rela memborong produk Lemonilo sampai puluhan dus hanya untuk mendapatkan Photo Card (PC) NCT Dream yang tersebar acak pada kemasan. NCT Dream berhasil memperkenalkan produk Lemonilo bukan hanya di Indonesia saja melainkan hingga ke luar negeri seperti Korea Selatan. Fenomena ini pun sempat gempar juga di mdia sosial, dimana dalam beberapa akun, fans NCT Dream terlihat membuat konten pergi ke minimarket terdekat mereka dan membeli beberapa bungkus Mie Instan Lemonilo dengan harapan akan mendapatkan PC dari anggota NCT Dream tersebut.

Dengan banyaknya penggemar yang memborong produk Lemonilo, maka penjualan produk meningkat tajam dan produk sempat kehabisan stock di setiap minimarket. Penggemar bahkan rela menunggu pihak minimarket untuk me-restock produk Lemonilo. Bahkan sampai ada yang melakukan booking produk kepada karyawan minimarket supaya tidak kehabisan stock.

Penggemar juga mengetahui informasi kolaborasi antara NCT Dream dengan Lemonilo dari channel Youtube resmi NCT Dream. NCT Dream mengupload video behind the scene (BTS) iklan lemonilo. Melalui video tersebut semakin banyak tertarik dengan produk Lemonilo untuk mendapatkan produk dan mendapatkan Photo Card (PC) resmi kolaborasi antara NCT Dream dengan Lemonilo. Hal ini semakin menunjang penjualan produk Lemonilo.

Keberhasilan kolaborasi ini semakin terlihat dengan Lemonilo menjadi trending nomor satu di Twitter, Tiktok dan Instagram. Trending Lemonilo tersebut tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga trending di Korea Selatan. Dan terus menjadi perbincangan hangat para penggemar KPop khusunya para penggemar NCT Dream. Dengan begitu semakin meningkatkan brand awareness dan penjualan produk Lemonilo.

Menjadi brand ambassador, NCT Dream mendukung brand awareness dan penjualan Lemonilo adalah langkah yang menarik dan dapat memberikan banyak manfaat. NCT Dream adalah salah satu boyband populer asal Korea Selatan yang memiliki basis penggemar yang cukup besar di seluruh dunia. Menggandeng mereka sebagai brand ambassador Lemonilo dapat membantu meningkatkan eksposur merek.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun