Mohon tunggu...
Rara Uray
Rara Uray Mohon Tunggu... Executive Secretary -

Mahasiswi Public Relations ASMI Santa Maria Yogyakarta angkatan 2012. General Secretary Perhumas Muda Yogyakarta. Executive Secretary BEST WESTERN Kota Baru Pontianak

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

PR Class, Mengenal Lebih Dekat PR Hotel dan Komunitas PR

8 Juni 2015   18:49 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:10 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 

 

Sebagai salah satu stakeholders sebuah perusahaan, peran komunitas tentu tidak boleh dipandang sebelah mata. Komunitas juga memiliki peranan penting dalam menunjang eksistensi dan citra dari perusahaan. Hubungan antara perusahaan dan komunitasnya dapat terjalin jika fungsi Public Relations di perusahaan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

                                                               

Hal inilah yang mendasari, Transmania Jogja dan Swaragama Training Center untuk mengadakan Public Relations Class. Dengan menggandeng Perhumas Muda Yogyakarta dan Hyatt Regency Jogja untuk menjadi narasumber dalam acara tersebut. Public Relations Class diadakan pada Sabtu (30/5) dari pukul 13.00 wib hingga 15.00 wib. Sebanyak 70 peserta hadir memadati Graparti Telkomsel lantai 4, yang beralamat  di Jalan Jendral Sudirman nomor 60 ini.

 

Sebagai perwakilan dari Perhumas Muda Yogyakarta, Fitria Ananta Respati atau yang lebih akrab disapa Thya ini menyampaikan materi mengenai “how to engage with others?”. Ia memaparkan 9 hal yang dilakukan oleh PMY dalam aktivitasnya yang mengacu pada ilmu-ilmu esensial PR antara lain digital media campaigns, strategy PR, PR  writing skills, dan lain sebagainya. Disini ia juga memberikan tips “personal approaching” kepada audiens karena tidak dapat dipungkiri seorang public relations selalu berhubungan dengan orang lain dari berbagai macam kalangan. Dari hal sederhana inilah, banyak sekali perusahaan dan organisasi lainnya  yang memberikan kepercayaan kepada Perhumas Muda Yogyakarta untuk menjadi salah satu stakeholder mereka. Meskipun mengaku deg-degan karena mewakili nama Perhumas Muda Yogyakarta tapi, Thya merasa bangga karena dipercaya oleh rekan-rekan dari PMY untuk sharing bersama komunitas lain. “Saya berharap apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi para audiens dan dengan acara ini PMY semakin dikenal, terpercaya dan terlibat dengan komunitas-komunitas lainnya” katanya.

 

Narasumber kedua Indra Abhimanyu, Public Relations Hyatt Regency Hotel memberikan materi mengenai sinergi PR, media dan komunitas. Indra menceritakan pengalamannya selama menjadi PR terutama PR di bidang perhotelan. Meskipun bukan berasal dari ilmu komunikasi apalagi public relations, menurutnya ketika kita memasuki dunia kerja kita akan belajar ilmu baru dan kita akan memulainya dari nol. Terbukti saat ini, ia dipercaya menjadi seorang praktisi PR salah satu hotel bintang 5 di Yogyakarta ini.

 

Audiens sangat antusias dalam bertanya. Banyak hal seputar ke-PR-an yang ditanyakan kepada para narasumber dan bagi para penanya akan mendapatkan merchandise dari Transmania. Disini juga diadakan pemilihan tweet-tweet terbaik untuk mendapatkan merchandise menarik dari Transmania dan voucher berenang di Hyatt Regency Jogja.

 

“Creative Class merupakan acara rutin dari Transmania dan ini kali kedua kami bekerjasama dengan Swaragama Training Center. Pemilihan tema PR dalam event kali ini adalah antara perusahaan dan komunitas erat hubunganya dengan PR. Buktinya adlaah Transmania yang juga dibentuk oleh praktisi-praktis PR. Oleh sebab itu, kami ingin belajar cara menjadi PR. Di Yogyakarta komunitas ke-PR-an yang sesuai dengan tagline kita, muda, kreatif dan mandiri yaitu PMY. Kiprah PMY di Jogja juga luar biasa yang mempunyai in circle tidak hanya lingkup lokal tapi juga nasional,” tutur Bima Rizky, ketua Transmania Jogja saat ditanya mengenai pemilihan PMY sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun