Marketing atau pemasaran adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Untuk melakukan proses ini, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Definisi dari pemasaran yang sangat luas menjelaskan bagaimana proses di dalam marketing itu sendiri. Pemasaran bahkan dimulai dari proses pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, dan periklanan.
Inti pokok marketing
1. Promosi
2. Iklan
3. Produk
4. Distribusi
Siklus produk: perkenalan-pertumbuhan-pendewasaan-penghancuran
Berikut adalah hasil wawancara kepada pedagang kaki 5:
Ibu nur seorang pedagang jamu keliling yang telah berjualan selama 26 Tahun lamanya, beliau memasang stiker gerobaknya yang berfungsi untuk memperkenalkan dagangannya kemasyarakat luar, ibu nur membuka usaha ini untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, ibu nur tentu sangat senang jika dagangannya laku beliau juga terkadang sedih karena dagangannya tidak lakul/sedikit pembeli ibu nur berjualan di jalan Pesanggrahan 5 dan sekitarnya beliau biasa memasang harga dagangannya sekitar Rp 3.000/Rp 15.000
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI