Mohon tunggu...
Rangga PP
Rangga PP Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Anak kuliahan

Hobby di suruh bikin artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Pola Asuh Membentuk Karakter dan Prestasi Anak

24 November 2024   08:57 Diperbarui: 24 November 2024   08:58 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagaimana Pola Asuh Membentuk Karakter dan Prestasi Anak?

Pola asuh orang tua adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi pembentukan karakter dan prestasi anak. Cara orang tua mendidik, mendukung, dan memberikan perhatian dapat menentukan bagaimana anak memandang dirinya sendiri, menghadapi tantangan, serta mencapai kesuksesan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pola asuh dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis, yaitu pola asuh otoriter, permisif, demokratis, dan pola asuh yang tidak terlibat. Setiap pola asuh memiliki karakteristik unik yang membawa dampak berbeda pada anak.

1. Pola asuh otoriter adalah pola yang menekankan disiplin ketat dan ketaatan tanpa kompromi. Orang tua dengan pola ini biasanya menetapkan aturan yang kaku dan memberikan hukuman tegas jika anak melanggar. Meskipun anak yang diasuh dengan cara ini cenderung disiplin, mereka sering mengalami tekanan emosional, kurang percaya diri, dan kesulitan dalam mengambil keputusan secara mandiri.

2. Pola asuh permisif, di sisi lain, cenderung membebaskan anak tanpa batasan yang jelas. Orang tua dengan pola ini sering kali menghindari konflik dan jarang memberikan arahan atau aturan tegas. Anak yang dibesarkan dengan pola permisif mungkin memiliki kebebasan tinggi, tetapi mereka sering kesulitan memahami tanggung jawab dan batasan, yang dapat berdampak negatif pada prestasi akademik mereka.

3. Pola asuh demokratis adalah kombinasi antara memberikan kebebasan dan menetapkan batasan yang jelas. Orang tua dengan pola ini mendukung komunikasi dua arah, memberikan kebebasan yang terarah, dan membantu anak memahami konsekuensi dari tindakan mereka. Pola ini dianggap sebagai pola asuh yang paling ideal karena anak cenderung tumbuh menjadi individu yang percaya diri, mandiri, dan bertanggung jawab, serta memiliki motivasi belajar yang tinggi.

4. Pola asuh tidak terlibat adalah pola di mana orang tua kurang memberikan perhatian atau keterlibatan dalam kehidupan anak. Anak yang dibesarkan dengan pola ini sering merasa tidak diperhatikan, kurang mendapatkan dukungan emosional, dan berisiko menghadapi berbagai masalah, seperti rendahnya rasa percaya diri atau kesulitan dalam menjalin hubungan sosial.

Pola asuh tidak hanya memengaruhi karakter anak, tetapi juga prestasi akademik mereka. Anak yang mendapatkan pola asuh demokratis, misalnya, cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi karena mereka merasa dihargai dan didukung. Sebaliknya, pola asuh otoriter atau permisif sering kali menimbulkan kebingungan atau stres yang menghambat proses belajar.

Selain itu, pola asuh juga berperan dalam membentuk nilai-nilai moral dan sosial anak. Anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang penuh kasih sayang dan komunikasi terbuka akan lebih mudah mengembangkan empati, kejujuran, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Di sisi lain, pola asuh yang terlalu keras atau tidak peduli dapat menanamkan rasa ketidakpercayaan atau bahkan perilaku agresif.

Untuk mendukung perkembangan anak secara optimal, orang tua dapat mengambil langkah-langkah berikut:

Menerapkan komunikasi yang terbuka dan mendengarkan kebutuhan anak tanpa menghakimi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun