Mohon tunggu...
Aziddin Ramli
Aziddin Ramli Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Paling suka dipanggil BANG RAMLI. Berdomisili di kota Jogjakarta sejak SMP (dari masa remaja lulus SMP hingga saat ini). Beristrikan seorang wanita asli Jogjakarta.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Salut Buat PDAM Tirta Marta Yogyakarta

20 September 2011   03:39 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:48 1078
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Selasa pagi, 20 September 2011, sekitar jam 09.30 WIB, petugas dari PDAM telah mendatangi alamat kami untuk pengecekan kondisi air, petugas tsb datang dari kantornya untuk memastikan apakah air yang saya keluhkan sudah mengalir atau belum. Dan ketika pulang pamitan, petugas tersebut menyampaikan pesan dari pimpinannya kepada kami dengan mengatakan “permohonan maaf dari pihak perusahaannya atas ketidaknyamanan saya dalam mengkonsumsi pasokan air beberapa hari terakhir ini”.

Andai saja semua perusahaan pengelola jasa pelayanan publik yang di kelola oleh pemerintah memiliki sikap seperti PDAM TIRTA MARTA Yogyakarta dalam menanggapi keluhan para pelanggan yang nota bene adalah sebagai konsumen klien perusahaan yang senantiasa membutuhkan jasa mereka, alangkah indahnya terasa hidup ini. Benar dan sesuailah dengan slogan yang mereka gadang-gadangkan selama ini : PELANGGAN ADALAH RAJA.

Sebagai seorang pelanggan PDAM, hal seperti itulah yang saya rasakan saat ini oleh pihak PDAM TIRTA MARTA Yogyakarta. Beberapa hari yang lalu ketika saya mendatangi kantor PDAM TIRTA MARTA di Jl. W. Monginsidi Yogyakarta dengan maksud melaporkan bahwa kondisi pasokan air dari PDAM ke komplek kami akhir-akhir ini mengalami kendala. Pasokan airnya tidak dapat digunakan karena pada saat siang hari tidak megalir sebagaimana biasanya untuk keperluan sehari-hari.

Sesampainya saya di halaman kantor PDAM, saya langsung menuju ruang informasi kemudian menuju ke ruang pengaduan dengan maksud menayakan dan mengadukan hal-hal apa saja penyebab kondisi debit air yang kami alami beberapa hari belakangan ini. Dengan simpatik datanglah seorang petugas yang menanyakan maksud dan tujuan kedatangan saya ke kantor tsb. Kemudian dengan diantar seorang petugas yang berseragam dan berpenampilan yang sangat ramah, saya langsung dihadapkan kepada petugas yang berjaga pada hari itu.

Setelah saya berbincang-bincang dan mengutarakan keluhan kepada petugas serta membicarakan penyebab kendala yang terjadi, maka kesimpulan yang saya dapatkan bahwa memang seharusnyalah saya mengucapkan terimakasih kepada pihak PDAM TIRTA MARTA yang dengan sungguh-sungguh telah memperhatikan keluhan saya sebagai konsumen. Dan terhitung sejak saya komplen di siang harinya, Alhamdulillah tiba pada malam harinya hingga pagi dus sampai saat saya menulis ini, air yang saya harapkanpun dapat kami nikmati seperti biasanya, walaupun sedikit agak tidak lancar dikarenakan debit air yang ada pada sumur tandon PDAM memang berkurang diakibatkan kemarau yang melanda Yogyakarta akhir-akhir ini (walaupun di Yogyakarta terkadang hujan lokal masih turun, namun belum bisa menambah pasokan air pada sumur tandon PDAM TIRTA MARTA).

Hikmah yang saya ambil pada kejadian ini adalah bahwa andaikan semua Perusahaan Pemerintah yang diperuntukkan untuk kepentingan publik semuanya dapat bersikap dan mencontoh layanan PDAM Tirta Marta Yogyakarta, alangkah indahnya hidup ini bagi para konsumen. Memang seharusnyalah setiap perusahaan pelayanan publik mencontoh apa yang sudah dilakukan seperti yang telah dilakukan oleh PDAM TIRTA MARTA dalam sikap simpatik dan responsif melayani pihak konsumennya. Alangkah bahagianya hati saya dalam menerima kondisi yang seperti ini. Terkadang malah kondisi sebaliknya yang sering kita temukan sehingga membuat kita prihatin. Namun rasa keprihatinan tersebut akan dapat terobati dengan mendapati sikap simpatik para petugas yang menenangkan hati pada pokok permasalahan yang dihadapi oleh pihak pengelola jasa publik sebagaimana halnya pihak PDAM TIRTA MARTA Yogyakarta yang baru saja saya datangi beberapa hari yang lalu.


Oh ya, hampir kelupaan : Pagi ini, Selasa 20 September 2011, sekitar jam 09.30 WIB, petugas dari PDAM telah mendatangi alamat kami untuk pengecekan kondisi air, petugas tsb datang dari kantornya untuk memastikan apakah air yang saya keluhkan sudah mengalir atau belum. Dan ketika pulang pamitan, petugas tersebut menyampaikan pesan dari pimpinannya kepada kami dengan mengatakan "permohonan maaf dari pihak perusahaannya atas ketidaknyamanan saya dalam mengkonsumsi pasokan air beberapa hari terakhir ini".

Mudah-mudahan bagi pihak-pihak pengelola jasa publik lainnya dapat meniru sikap simpatik yang diberikan oleh pihak PDAM TIRTA MARTA Yogyakarta dalam hal pelayanannya. Dengan ini saya mengucapkan salut dan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak PDAM Tirta Marta yang telah memberikan keterangan yang melegakan dan yang sudah bersikap simpatik terhadap kami sebagai konsumen yang memang sangat membutuhkan pelayanan anda yang prima.

YOGYAKARTA, Selasa 20 September 2011


.....................

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun