Mohon tunggu...
Ramlah
Ramlah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya seorang mahasiswa

Hallo semuanya, Perkenalkan nama saya Ramlah Saya seorang Mahasiswa di Universitas Palangkaraya Fakultas Ekonomi dan Bisnis , hobi saya membaca, mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbedaan Pasar Monopolistik dan Oligopoli Serta Cara Memaksimalkan Keuntungan Jangka Pendek dan Jangka Panjang pada Pasar Monopolistik dan Pemaksimalan Pendapatan Perusahaan dalam Pasar Oligopoli Tanpa Kolusi

29 November 2022   19:46 Diperbarui: 29 November 2022   19:54 6709
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

OLEH:

RAMLAH

JURUSAN AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS PALANGKARAYA

Kita tidak dapat hidup tanpa hal-hal yang disebut kebutuhan, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya untuk mengelola sumber daya alam yang tersedia. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perusahaan atau produsen yang menyediakan barang atau jasa kepada konsumen, sehingga membentuk tatanan aturan dan lembaga yang disebut pasar.

Apa sih yang dimaksud pasar?

Pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual bertemu pada waktu dan tempat tertentu untuk bertukar barang atau jasa. Di dalam pasar ada yang dinamakan pasar monopolistik dan oligopoli.

Apa yang dimaksud dengan  pasar monopolistik dan oligopoli?

A. Pasar Monopolistik 

Pasar monopolistik adalah sistem pasar dimana terdapat banyak produsen atau perusahaan yang memiliki barang atau jasa yang sama dengan perusahaan lain namun tetap memiliki beberapa aspek pembeda seperti warna produk, bentuk spesifikasi yang disajikan, jumlah produsen sangat besar dalam pasar monopoli, namun setiap produk yang dihasilkan tetap memiliki kekhasan tersendiri sebagai bentuk diferensiasi. Pada hakikatnya, pasar persaingan monopolistik adalah pasar antara dua jenis ekstrim pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. Karena memang sulit menemukan pasar dengan komoditas perdagangan yang benar-benar homogen, dan setiap pelaku pasar memiliki informasi yang dibutuhkan untuk pasar persaingan sempurna, dan juga sulit menemukan pasar yang benar-benar dimonopoli tanpa komoditas pengganti.

 1. Karakteristik Pasar Monopolistik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun