ramdani

Bandung

Berlibur ke Selatan Bandung yang Jauh dari Hirup Pikuk Perkotaan

5 Maret 2024   19:11 Diperbarui: 5 Maret 2024   19:19 58

Ternyata ucapan kalua Bandung diciptakan ketika tuhan sedang tersenyum itu adalah fakta yang harus diakui. Hal itu karena hampir setiap sudut Bandung selalu mengagumkan dan sulit untuk dilupakan. Tidak hanya memiliki pusat kota yang kreatif namun Bandung juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang eksotis. Jembatan

Selain pusat kota yang selalu menjadi tempat para pelancong untuk berwisata ternyata terdapat banyak hidden gem di daerah Bandung yang masih jarang orang ketahui. Salah satunya adalah Ciwidey yang berada di daerah Bandung Selatan. Memiliki lanskap perkebunan teh yang hijau dengan udara yang masih sejuk membuat tempat ini seperti surga yang tersembunyi. Terdapat banyak destinasi yang dapat dikunjungi mulai dari perkebunan teh, kawah putih, walini, dan masih banyak lagi.

Menggambarkan perjalanan yang dilalui menuju Ciwidey Sabtu 6 Januari 2024 aku melakukan perjalanan ke Ciwidey, Bandung untuk sekejap menikmati ketenangan dari polusi perkotaan. Pada saat itu sedang libur semester dan kebetulan rumah saya tidak terlalu jauh akhirnya memutuskan untuk berlibur ke Ciwidey. Aku berangkat sendiri menggunakan sepeda motor dan berangkat dari Padalarang sekitar jam 8 pagi. Disepanjang perjalanan aku sangat menikmati setiap sudut yang dilewat karena disuguhkan  dengan pemandangan yang sangat cantic.

Perjalanan ke Ciwidey kali ini adalah pertama kalinya dilakukan seorang diri karena biasanya akku pergi bersama keluarga. Namun, ternyata perjalanan sendiri ini tidak terlalu buruk karena membuat perasaan jauh lebih tenang dan merasakan kebebasan. Meskipun minusnya harus mengeluarkan uang sendiri untuk perjalanan kali ini. Aku tidak kecewa karena menjadi pengalaman yang sangat berharga yang suliat untuk dilupakan.

Tepat pukul 10 pagi aku sampai di Perkebunan Teh Rancabali dan akhirnya berhasil menghirup udara pedesaan yang sangat segar. Udaranya cukup dingin tapi sangat aku nikmati, bahkan aku tidak menggunakan jaket karena ingin merasakan udara yang sulit didapat di perkotaan. Pada saat pertama kali sampai aku langsung mencari warung untuk sarapan terlebih dahulu. Karena aku bawa makanan dari rumah akhirnya hanya membeli minum kopi untuk sekedar menghangatkan badan.

Menberikan informasi tempat wisata rekomendasi sesuai pengalaman pribadi Setelah makan aku langsung melanjutkan perjalanan untuk menuju destinasi wisata yang
pertama yaitu perkebunan teh. Untuk masuk ke perkebunan teh hanya dipungut biaya Rp. 5.000,00- saja perorangnya dan kamu bisa puas main dan berlari-lari di perkebunan teh yang luas. Namun, karena tujuaanya hanya untuk menenangkan pikiran aku hanya menikmati dengan melamun di tengah perkebunan karena disitu tedapat batu besar yang bisa melihat seluruh perkebunan teh.

Setelah puas melamun dan tidak lupa berfoto untuk mengabadikan momen tersebut. Rasanya masih betah untuk berdiam diri lama disitu tapi karena masih ada destinasi wisata lain yang dikunjungi akhirnya aku beranjak dan kembali ke jalan. Sebelum melanjutkan perjalanan aku melihat ada yang berjualan jagung bakar dan kelihatannya sangat enak. Akhirnya aku membeli satu jagung bakar dengan harag Rp. 10.000,00- rupiah yang memiliki rasa manis. Lanjutkan perjalanan akhirnya aku menuju ke jalanan yang sangat syahdu di Ciwidey yaitu Jalan Cibuni. Jalan ini sangat cantik karena dikelilingi kebun teh di kanan dan kirinya. Kondisi jalanan yang sepi karena jarang dilewati membuat suasananya semakin adem dan asri. Bahkan saking bagusnya jika kamu beruntung datang saat jalanan sedang berkabutakan membuat tempat ini seperti dunia lain. Di jalanan ini kamu dapat melihat pemandangan para petani teh yang sedang memetik daun dan kebetulan karena aku penasaran ingin mencoba memetik daun teh akhirnya memberanikan diri untuk mecobanya.

Karena udara yang semakin dingin membuat aku tidak kuat berlama-lama di luar dan memutuskan untuk melanjutkan ke destinasi wisata lainnya. Untuk menghangatkan badan aku memutuskan untuk berenang di Kolamg Renang Walini yang mempunyai kolam air hangat. Harga tiket masuknya yaitu Rp. 400.000,00- dan udah bisa menikmati semua fasilitas wisata yang ada di dalamnya mulai dari waterboom, pasar oleh-oleh, hingga perkebunan strobery. Kolam air hangat tersebut sangat membuat badan rilex setelah jalan-jalan seharian di Ciwidey karena air yang ada di kolam ini merupakan air hangat asli dari Kawah Putih.

Kelebihan wisata di Ciwidey
Setelah puas seharian berjalan-jalan di Ciwidey akhirnya aku memutuskan untuk pulang. Perjalanan kali ini sangat menyenangkan dan sulit untuk dilupakan karena setiap tempat yang dikunjungi memiliki keindahan yang mengagumkan. Berwisata ke Ciwidey ini seakan healing yang paling terbaik karena benar-benar membuat pikiran menjadi tenang dan membuat perasaan ingin terus berada di Ciwidey. Tentunya di lain kesempatan ingin kembali ke tempat ini dan mecoba wisata yang belum sempat dikunjungi untuk kembali menangkan pikiran.

Penutup
Tentunya pengalaman berlibur di Ciwidey ini sangat berarti karena menghadirkan pengalaman menyenagkan dalam menenangkan pikiran. Banyak tempat yang masih asri sehingga berhasil mengbati pikiran yang sedang pusing dari kegiatan sehari-hari. Kalian harus mencobanya agar bisa merasakan secara langsung keindahan tempat ini yang membuat perasaan menjadi tenang. Ciwidey siap memanjakan setiap pengunjung dengan keindahan alamnya yang memukau dan beragam aktivitas yang menyenangkan. Jadi ayo rencanakan liburan kalian ke Ciwidey sekarang.