PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PT. JASAMARGAK Â
Knowledge Management KnowledgeÂ
management  yakni  proses  dimana perusahaan  mengelola,  pengetahuan  yang dimiliki  dan menciptakan  pengetahuan  baru yang  dapat  digunakan  dan  dibagikan  kepada seluruh  elemen  pegawai  untuk pencapaian tujuan perusahaan dengan mendapatkan keunggulan kompetitif  [1]. Adzima dan Sjahruddin, 2019  [20] berpendapat  knowledge management  adalah proses  aktivitas yang digunakan  perusahaan  untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan menerapkan pengetahuan untuk diterapkan kembali, diketahui, dan dipelajari untuk dapat  mencapai visi misi  perusahaan. Salah  satu faktor  yang berkaitan  dengan peningkatan  kinerja sumber  daya manusia yakni yang berkenaan dengan  knowledge management, dimana dari beberapa penelitian terdahulu bahwa knowledge  management mampu meningkatkan  kinerja pegawai  [21]. Seperti  penelitian yang  dikemukakan oleh Adzima dan Sjahruddin, 2019 [20], Kardo, 2020 [10], dan Ferdian dan Devita, 2020 [21] yang memperlihatkan hasil bahwa knowledge management mampu memberikan pengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Sebaliknya, penelitian Ersa, 2021 [22]  yang memperlihatkan  hasil bahwa knowledge management  tidak memberikan  pengaruh terhadap kinerja pegawai. Indikator knowedge management mengacu pada teori Zakiyah, 2020 [6], yakni:  a. Memperoleh  pengetahuan,  yakni  kegiatan  untuk  mendapatkan,  mencari  pengetahuan  dan  menciptakan pengetahuan baru dari pengetahuan lama yang tersedia melalui kerjasama antar aliansi bisnis dan individu. b. Pengorganisasian  pengetahuan,  yakni  kegiatan  penambahan  nilai  organisasi  terhadap  informasi  atau pengetahuan  yang  diperoleh  dengan  menyaring,  mengkategorikan, mengkodifikasi,  mengintegrasikan  dan mengindeks. c. Menerapkan  pengetahuan,  yakni  kegiatan  untuk  penggunaan  pengetahuan  karyawan  untuk  memecahkan permasalahan atau tantangan organisasi yang meminimalisir kesalahan atau peningkatan efisiensie
Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja PegawaiÂ
Mengenai  pengaruh variabel  knowledge management terhadap kinerja pegawai, artinya knowledge management secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap  kinerja pegawai  pada PT Jasamarga pandaan Tol. Hasil  penelitian ini memperlihatkan bahwa knowledge management pada PT Jasamarga Pandaan Tol diukur berdasarkan indikator memperoleh pengetahuan. Hal tersebut didasarkan pada sebagian responden yang memberikan jawaban positif dengan skor terbesar pada indikator memperoleh pengetahuan.Â
Dapat dibuktikan bahwa bukan hanya petugas rescue, namun petugas patroli dan petugas pengumpul tol juga mendapatkan pengetahuan yang sama terkait dengan langkah-langkah penanganan darurat untuk pertolongan pertama dan  evakuasi  korban  atau  bantuan medis  pada  kecelakaan  di  jalan  tol, kemudian  pengetahuan  terkait  dengan pengelolaan  lalu lintas  yang macet  baik  itu  di pintu  tol maupun  di persimpangan,  situasi tersebut  membutukan pengalaman dan intuisi yang kuat untuk mengelola lalu lintas agar arus lalu lintas dapat lancar kembali. Hal tersebut menunjukkan  bahwa pegawai  dapat memperoleh  pengetahuan  baik secara  tacit dan eksplisit  yang  dimiliki  oleh pegawai lain guna meningkatkan kinerja pegawai pada PT Jasamarga Pandaan Tol. Proses memperoleh pengetahuan tersebut  mememberikan pengaruh  terhadap  dapat  atau  tidaknya pegawai  PT  Jasamarga  Pandaan  Tol  dalam melaksanakan pekerjaannya. Semakin luas pengetahuan yang  dimiliki oleh pegawai tentang bidang pekerjaannya, maka akan memperkuat keandalan pegawai dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dan menghasilkan kinerja yan baik. Dengan demikian adanya pertukaran pengetahuan dan komunikasi pengetahuan antar pegawai tersebut dapat memberikan dampak positif bagi hasil kinerja pegawai PT Jasamarga Pandaan Tol.Â
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai
Berdasakan hasil dari pengujian hipotesis pada tabel uji t diatas mengenai pengaruh variabel kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, artinya kepuasan kerja secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT Jasamarga Pandaan Tol. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa kepuasan kerja pada PT Jasamarga Pandaan  Tol  diukur  berdasarkan  indikator rekan  kerja.  Hal tersebut  didasarkan  pada pada  sebagian responden yang memberikan jawaban positif dengan skor terbesar pada indikator rekan kerja.Dapat  dibuktikan  interaksi  yang  dilakukan  seperti  pegawai  dengan  jabatan  General  Manager  Finance berinteraksi dengan staff  finance baru untuk memberikan bantuan dan bimbingan mengenai prosedur kerja (SOP), sistem  keuangan  PT  Jasamarga  Pandaan  Tol,  membimbing  staff  finance  untuk  mengetahui  bagaimana  cara mengendalikan resiko, mengoptimalkan penggunaan dana. Interaksi antar rekan kerja lainnya seperti petugas patroli membantu petugas rescue  yang sedang bertugas untuk  memberikan bantuan medis darurat  dan membantu proses evakuasi kepada pengguna jalan tol yang mengalami kecelakaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa rekan kerja yang saling bekerja sama, berbagi informasi dan pengetahuan penting dengan pegawai yang lain dapat membantu pegawai menjalankan pekerjaan dengan cermat serta memberikan hasil yang dapat diandalkan. Interaksi dan dukungan yang positif antar pegawai pada PT Jasamarga Pandaan Tol berperan penting dalam mempengaruhi keandalan pegawai, dan dapat membangun rasa nyaman dan menyenangkan. Kenyamanan yang didapat oleh pegawai tersebut cenderung meningkatkan  kinerja  pegawai.  Dengan demikian  rekan  kerja  memberikan  pengaruh pada  peningkatan  kinerja pegawai PT Jasamarga Pandaan Tol
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H