Bayangkan jika Anda memiliki barang dagangan dengan relatif banyak. Semua bertumpuk dalam satu "kamar" dan parahnya lagi semua barang dagangan tersebut amburadul dan acak, entah apa yang Anda cari berada di tumpukan yang mana dan bagian sebelah mana.
Dan ritel adalah detil. Semua barang dagangan tersebut adalah investasi terbesar Anda. Parahnya, Anda tidak mengetahui jenis barang dagangan mana saja yang bisa Anda jadikan andalan dan juga bagaimana Anda menanganinya pun menjadi sangat sulit dikarenakan semua berada dalam satu "kamar".
Data menjadi sangat penting sebagai acuan Anda untuk menganalisa barang dagangan agar Anda tidak salah dalam menginvestasikan apa yang Anda miliki. Banyak hal yang mesti Anda lakukan terhadapnya, khususnya dalam pemikiran bagaimana Anda bisa menjualnya dengan secepat mungkin. Dalam hal ini setidaknya Anda harus memikirkan bagaimana memajangnya.
Dari satu kasus inilah, maka muncul satu pemahaman yang sangat brilian dalam manajemen ritel modern. Sudah pasti pemahaman ini akan abadi seiring berkembangnya bisnis ritel itu sendiri. Perdalamlah pemahaman ini, yakni manajemen kategori. Dengan mendalami ini maka Anda sudah tepat berada di jalur yang benar dalam pengelolaan bisnis ritel Anda.
Mari kita mulai dari pengertian paling sederhana dari manajemen kategori ini. Mengelompokkan barang dagangan yang saling terkait dan memisahkannya lewat produk kategori. Inilah pengertian sederhana yang patut kita semua pahami. Dengan kata lain, Anda mulai membuat "kamar-kamar" baru untuk setiap produk yang saling terkait.
Bayangkan jika Anda sudah punya setidaknya ratusan SKU dan Anda sudah harus memikirkan perputaran uangnya, dan Anda kesulitan karena terlanjur mencampur semua barang dagangan Anda menjadi satu "kamar". Bagi Anda yang terlanjur mengalami ini mari terus tuntaskan tulisan ini hingga akhir, karena lewat tulisan ini, pembahasan manajemen kategori terkemas dengan sederhana. Sari patinya kami coba kemas dengan padat dan berisi.
Tujuan dari pelaksanaan manajemen kategori ini adalah memastikan kinerja setiap produk kategori selalu dalam keadaan prima dari beberapa segi, yakni pembelian dari supplier, tampilan pemajangannya hingga tentunya kepada kinerja dari penjualan tersebut. Pada tahapan selanjutnya, Anda wajib memikirkan dan melaksanakan hal-hal yang harus ada dalam pelaksanaan manajemen kategori pada tulisan kami di bagian yang lain. Harapannya, agar pelaksanaan dari ruang lingkupnya bisa sangat bermanfaat.
Dari sini Anda mulai melihat urgensinya bahwa pelaksanaan manajemen kategori sangatlah penting. Semakin Anda detil dalam penanganan bisnis ritel Anda maka semakin mudah dalam pengambilan keputusan setiap hal sehingga nanti ujung dari semuanya adalah Anda akan menemukan kemudahan dalam melakukan pengembangan dari bisnis ritel Anda.
Bisa dikatakan manajemen kategori cenderung berkaitan sangat erat dengan budget yang Anda harus siapkan, tentunya dengan kehati-hatian yang sangat tinggi. Kesemuanya untuk mencapai azas efektif dan efisien. Sehingga intinya tidak ada investasi yang sia-sia ditiap detil pelaksanaan bisnis ritel Anda untuk jangka pendek dan tentunya jangka Panjang. Sejatinya dalam setiap bisnis selalu ada resiko yang terkandung. Dan Anda sebagai pelaksananya pun tetap bisa meminimalisirnya.
Dalam konteks hubungan dengan pemasok, setidaknya dengan manfaat adanya manajemen kategori yang baik maka Anda memiliki data yang tepat sebagai pegangan melakukan negosiasi dengan pemasok. Amankan bisnis Anda lewat hubungan dengan pemasok dengan dua hal besar yakni pembayaran dan pengiriman. Kedua hal ini jika bisa memberlakukannya dengan tepat sudah pasti akan menghemat biaya Anda. (www.ramatamin.com)