Apakah anda pernah mengalami penderitaan ? Mungkin sebagian orang akan berkata, iya, karena pada sejatinya setiap manusia akan dihadapkan pada suatu permasalahan.
Namun ada juga sebagian orang yang akan mengatakan tidak, karena ia sadar bahwa penderitaan itu adalah persfektif  kita memandang suatu musibah.
Lalu, bagaimana sih terjadinya penderitaan bagi kehidupan kita ?
Saat membaca buku Jalaluddin Rakhmat yang berjudul Meraih Kebahagiaan. Buku yang diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya cetakan keempat, September 2008 dengan ISBN 979-3782-06-4, pada bab 'Kebahagiaan Dalam Agama Budha'. Kang Jalal menjelaskan penderitaan terjadi karena adanya keinginan, hasrat, nafsu yang harus dipuaskan. Untuk mengakhiri penderitaan, orang harus mengakhiri keinginan.
Karena dengan mencapai keinginan saja tidak sendirinya memberikan kebahagiaan. Kesenangan dalam mencapai keinginan biasanya bersifat sementara.
Untuk memperoleh kebahagiaan, kita harus menitikberatkan pada sesuatu hal yang bersifat non duniawi.
Terkadang, orang akan merasa senang dan bahagia apabila apa yang menjadi keinginannya itu terwujud, misal mendapatkan mobil yang mewah, hanya orang-orang tertentu yang dapat mempunya mobil tersebut. Bahkan di seluruh dunia hanya ada 7 orang yang punya mobil mewah dan canggih itu.
Lalu, apakah dengan memiliki mobil tersebut lantas hidup kita akan bahagia ?
 jelas tidak selalu, mungkin bisa dikatakan iya dan tidak. Berkata iya, karena apa yang ia cita-citakan sebelumnya dapat diwujudkan. Jika tidak, maka ia menjadi khawatir dan takut, dengan segala hal-hal yang akan menimpa dirinya dikemudian hari.
Tapi kita perlu berfikir bahwa memiliki mobil mewah yang jelas-jelas ini bersifat duniawi, maka tentu kebahagiaan pun bersifat sementara. Kenapa bisa ? karena yang namanya mobil mewah, sewaktu-waktu tidak akan kembali mewah karena perkembangan zaman, yang setiap harinya mengalami perubahan. Mobil mewah itu juga dapat rusak, baik mengalami kecelakaan ataupun dimakan waktu, bisa juga karena dicuri orang atau hangus terbakar dan lain sebagainya.