Mohon tunggu...
ramadita fadianty
ramadita fadianty Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

Bismillah S.Kom

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (IPTEK) dalam Pendidikan

25 Mei 2023   22:13 Diperbarui: 25 Mei 2023   22:29 3130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap individu tanpa terkecuali. Dengan adanya pendidikan, setiap individu dapat berkembang dan belajar supaya menjadi individu yang berkualitas. Selain membentuk individu yang berkualitas, juga meningkatkan pengetahuan seseorang tentang suatu hal. Pendidikan haruslah dijamin sejak dini agar setiap individu berkembang secara bersama-sama, bukan ada satu yang lebih unggul. Untuk itulah, setiap individu manusia berhak mendapatkan hak pendidikan yang harus dijamin oleh negara.

Di masa lampau, pendidikan hanya dapat dipraktikan lewat interaksi tatap muka antara pengajar dan muridnya. Namun pada masa kini pendidikan sudah berkembang dengan pesat. Perkembangan ini dapat timbul karena adanya teknologi. Dengan adanya teknologi, informasi yang diperlukan dunia pendidikan menjadi lebih luas dan lebih mudah didapat dibandingkan saat pendidikan di masa lampau juga.

Namun tidak serta perubahan yang dibawa oleh teknologi berdampak positif. Ada dampak negatif yang dihasilkan oleh teknologi terhadap pendidikan. Hal ini wajar, karena perubahan yang dibawa oleh teknologi terhadap pendidikan tidak serta merta langsung membawa pendidikan menjadi sempurna, melainkan butuh proses. Juga dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan para pengajar agar pendidikan yang telah maju dengan adanya teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar dampak positif lebih banyak dirasakan ketimbang dampak negatif.

IPTEK adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan mendukung terciptanya teknologi-teknologi baru. Perkembangan IPTEK sekarang, masyarakat dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan dan kompetensinya, sehingga manusia dapat menyeimbangkan dirinya di zaman modern ini. IPTEK adalah awal dari kesuksesan bangsa, karena bisa menciptakan sesuatu hal yang baru yang sebelumnya tidak bisa terjadi dapat terjadi. a adanya teknologi dan pendidikan maka tidak akan pernah ada yang namanya kemajuan.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sudah sangat pesat diberbagai bidang, salah satunya di dalam dunia pendidikan. Segala bentuk proses Pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah. Tondeur et al (dalam Selwyn, 2011) menyatakan bahwa teknologi digital sekarang sudah mulai digunakan didalam bidang pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (sarana mengakses informasi) atau sebagai sarana pembelajaran (penunjang kegiatan belajar dan tugas). Perkembangan IPTEK yang sangat pesat ini memunculkan peralatan dan aplikasi yang sangat mudah dipelajari dan dimanfaatkan menjadi media pembelajaran.

Teknologi dapat mempermudah aktivitas manusia pada proses pencarian informasi dan penyampaian informasi. Teknologi dapat bermanfaat besar dalam dunia pendidikan, karena mempermudah pencarian literasi seperti buku, jurnal, buku, dan sumber digital lainnya. Hal ini juga didukung dengan pernyataan bahwa teknologi dalam dunia pendidikandapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Di Indonesia pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan terdapat pada media pembelajaran, administrasi pendidikan, dan sumber belajar.  Perkembangan teknologi yang digunakan dalam pendidikan juga memberikan dampak positif dan negatif.

Dampak positif perkembangan IPTEK dalam pendidikan:

  • Memudahkan dalam proses mengakses informasi yang berkaitan dengan pendidikan
  • Pembaharuan dalam pembelajaran seperti e-learning dapat memudahkan dalam proses pembelajaran
  • Munculnya media masa yang memudahkan untuk memperoleh ilmu atau informasi terbaru
  • Sistem pembelajaran tidak hanya dengan tatap muka, tapi juga dengan menggunakan berbagai media aplikasi seperti zoom, google classroom, dll
  • Mengurangi ketertinggalan teknologi dari negara berkembang
  • Dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan teknologi
  • Memperoleh informasi atau pun pendapat para ahli dari segala penjuru dengan cepat
  • Dapat membaca buku tampa harus membeli buku, yaitu hanya dengan menggunakan internet
  • Dapat berdiskusi dengan teman melalui online
  •  Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.

Dampak negatif perkembangan IPTEK dalm pendidikan:

  • Terjadinya plagiaritas
  • Jika terjadi kecerobohan dalam sebuah sistem di lembaga pendidikan maka akan berakibat fatal
  • Penyalagunaan teknologi, seperti tindak kriminal
  • Mempertimbangkan penggunaan teknologi bagi peserta didik di bawah umur
  • Membuat siswa bahkan guru kecanduan dengan menggunakan teknologi
  • Menggunakan teknologi untuk mecari sesuatu yang tidak jelas
  • Siswa menjadi malas belajar. Dengan adanya teknologi yagg semakin canggih yang dapat mempermudah proses belajar bagi siswa terkadang membuat siswa lebih malas belajar karena sudah adanya kemudahan tersebut, bahkan dengan teknologi tersebut mereka lebiih memilih untuk bermain game ataupun sosial media
  • Terjadinya penyalahgunaan pendidikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang ingin melakukan tindak kriminal
  • Adanya pihak yang tidak bertanggung jawab dalam penyalahgunaan teknologi untuk sebuah sistem pengolah data

Teknologi mempermudah proses pembelajaran dan pencarian berbagai sumber belajar. Pembelajaran masa kini tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Semua dapat mengakses dengan pemanfaatan teknologi. Meskipun penggunaan teknologi dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Akan tetapi pemerataan teknologi digital di Indonesia tidak semuanya dapat dilaksanakan dengan baik. Seminar, training, dan pelatihan untuk guru sudah banyak diberikan agar guru dapat mengikuti perkembangan yang ada dan memanfaatkan teknologi untuk optimalisasi pembelajaran. Penggunaan teknologi memberikan dampak positif dan negatif. Dampak yang ditimbulkan dapat difokuskan pada hal positif dan meminimalisir dampak negative jika ada kerjasama yang baik dari berbagai pihak agar penggunaan teknologi sesuai tujuannya.

Ramadita Fadianty, Mahasiswa Prodi Ilmu Komputer, UIN Sumatera Utara

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun