Mohon tunggu...
Fitriyani Ramahdani Putri
Fitriyani Ramahdani Putri Mohon Tunggu... Novelis - 3B.. Belajar, Berusaha, Berdoa

Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.. Tetap semangat dalam melaksanakan apapun :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Media Permainan Ludo Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 5 SD

30 Juni 2019   22:11 Diperbarui: 30 Juni 2019   22:57 936
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan, teknis, teoritis, konseptual, dan moral sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan latihan. Pengembangan adalah suatu proses mendesain pembelajaran secara logis, dan sistematis dalam rangka untuk menetapkan segala sesuatu yang akan dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dengan memperhatikan potensi dan peserta didik.

Matematika adalah ilmu abstrak yang memiliki nilai pasti dalam perhitungan yang berupa angka-angka disetiap pembelajarannya. Oleh sebab itu, penggunaan media dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu cara agar matematika tidak dibenci melainkan disukai dan menyenangkan.

Pembelajaran matematika diajarkan pada dasarnya untuk membantu melatih pola pikir siswa agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Disamping itu juga agar kepribadian siswa terbentuk serta terampil menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan pembelajaran matematika di sekolah yaitu, memberikan tekanan ada pemetaan nalar, pembentukan sikap siswa, serta keterampilan dalam menerapkan matematika itu sendiri.

Pada umumnya masyarakat menganggap bahwa matematika adalah sebuah pelajaran yang sulit dan menyebalkan, sehingga kebanyakan dari mereka tidak dapat mengerti dan dapat menyelesaikan soal tersebut.
Permainan-permainan tradisional sederhana dapat menjadi sumber inspirasi dalam merancang sebuah media pembelajaran. Kita mengetahui bahwa permainan ludo adalah salah satu jenis permainan tradisional yang mendunia. Permainan ini merupakan permainan kelompok, melibatkan beberapa orang dan tidak dapat digunakan secara individu. Secara psikologis, ludo terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk berinteraksi dengan kehidupan sosial.

Ludo ini dimodifikasi sehingga menjadi media permainan yang komunikatif dan menyenangkan untuk digunakan sebagai media belajar.  Ludo komunikatif disertai dengan gambar yang menarik dan full colour mutlak dibutuhkan dalam desain ludo ini.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan-perubahan di dalam kehidupan dan dunia yang sekarang sudah mulai berkembang. Kebanyakan para siswa dalam pembelajaran matematika kurang diminati, hal ini cenderung dalam proses pembelajaran matematika hanya sebagai kegiatan menghitung angka-angka saja yang yang seolah-olah tidak ada maknanya. Dengan meningkatkan untuk memecahkan berbagai persoalan keterampilan berhitung di Sekolah Dasar merupakan kemampuan dasar untuk menyelesaikan persoalan lebih lanjut, maka sangatlah tepat pembelajaran matematika diberikan sejak awal.

Dalam proses pengembangan media pembelajaran matematika berupa permainan ludo ini dilakukan dengan  beberapa tahap yaitu; 

1. Tahap Analisis

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dan model desain pembelajaran ADDIE (analysis, design, development, implemention, evaluation). Tahap analisis (Analysis) yaitu analisis berupa identifikasi awal keadaan sekolah terkait karakteristik siswa, proses pembelajaran, kurikulum sekolah, mereview literatur (produk yang sudah ada), serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menimbulkan permasalahan sehingga perlu ada model pengembangan baru.

2.  Tahap Perancangan (Design)

Tahap perancangan (Design) yaitu perancangan atau pembuatan draft produk media pembelajaran berupa permainan Ludo. Dalam tahap ini dicari sumber-sumber yang relevan dengan materi pembelajaran dari beberapa buku ajar seperti buku paket SD dan internet. Setelah semua materi terkumpul, dibuat indikator dan isi Ludo Card yaitu pertanyaan-pertanyaan berupa bangun ruang yang sesuai dengan kelas 5 SD beserta kunci jawaban dalam Microsoft Word. Setelah Ludo Card memenuhi semua indikator, dibuat Ludo card dengan menulis soal-soal di kertas karton yang telah dipotong-potong. Lalu dibuat desain Ludo Board, Cover Ludo serta cara bermain. Setelah desain selesai, kemudian dicetak dan dipotong-potong kemudian ditempel pada box permainan Ludo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun