1. Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?
Dari beberapa nilai-nilai yang harus di miliki oleh Guru penggerak di antaranya (1) berpihak pada murid, (2) reflektif, (3) mandiri, (4) kolaboratif, serta (5) inovatif.
Diantara kelima nilai ini yang perlu dikuatkan oleh guru penggerak menurt saya adalah Berpihak Pada Murid di karenakan Mampu menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya. murid diberi kesempatan untuk berpendapat dan peran guru adalah mengarah kannya sehingga murid tetap pada koridornya sebagai seorang pelajar.
Nilai Berpihak pada Murid adalah proses kegiatan pembelajaran berpusat pada murid. Salah satu contoh membuat perencanaan pembelajaran dan proses kegiatan pembelajaran pada setiap pertemuan berpusat pada murid, melibatkan semua murid aktif dalam kegiatan pembelajaran baik dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran.
2. Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila?
Tindakan yang saya lakukan adalah Tergerak untuk meningkatkan kualitas profesionalisme sendiri dengan cara mengikuti pelatihan, workshop, webinar dsb dan melakukan inovasi/perubahan untuk mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia.
Membangun budaya belajar yang betul-betul berpihak kepada anak, yang betul memberi ruang kepada setiap individu anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan fitrahnya.
Karena yang lebih menentukan tumbuh kembang anak adalah kodratnya sebagai manusia yang berpikir.Membangun kolaborasi dengan teman sejawat untuk menciptakan atau merancang strategi pembelajaran agar tetap berinovasi.
Jadi pembelajaran berpusat pada anak kalau bisa saya maknai adalah, bahwa kemampuan dan karakteristik setiap siswa itu berbeda maka capaiannya pun nanti akan berbeda.
Pembelajaran yang berpusat pada siswa harus fokus pada kemampuan dan karakteristik siswa, supaya siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih bermakna dan mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI