Mohon tunggu...
Rama Panji mardika
Rama Panji mardika Mohon Tunggu... guru

saya mempunyai hobi bermain sepak bola dan berenang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tugas B 1.2.a.4 Eksplorasi Konsep Modul 1.2

11 November 2022   17:45 Diperbarui: 11 November 2022   17:50 17734
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?

Dari beberapa nilai-nilai yang harus  di miliki oleh Guru penggerak  di antaranya (1) berpihak pada murid, (2) reflektif, (3) mandiri, (4) kolaboratif, serta (5) inovatif. 

Diantara kelima nilai ini yang perlu dikuatkan oleh guru penggerak menurt saya adalah Berpihak Pada Murid di karenakan Mampu menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya. murid diberi kesempatan untuk berpendapat dan peran guru adalah mengarah kannya sehingga murid tetap pada koridornya sebagai seorang pelajar. 

Nilai Berpihak pada Murid adalah proses kegiatan pembelajaran berpusat pada murid. Salah satu contoh membuat perencanaan pembelajaran dan proses kegiatan pembelajaran pada setiap pertemuan berpusat pada murid, melibatkan semua murid aktif dalam kegiatan pembelajaran baik dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran.

2.  Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila? 

Tindakan yang saya lakukan adalah Tergerak  untuk meningkatkan  kualitas  profesionalisme  sendiri dengan cara mengikuti pelatihan, workshop, webinar dsb dan melakukan inovasi/perubahan  untuk mewujudkan transformasi  pendidikan di Indonesia. 

Membangun budaya belajar yang betul-betul  berpihak kepada anak,  yang betul memberi ruang kepada setiap individu anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai  dengan fitrahnya.  

Karena yang lebih  menentukan tumbuh kembang anak adalah kodratnya sebagai  manusia yang berpikir.Membangun   kolaborasi   dengan   teman   sejawat   untuk   menciptakan   atau merancang  strategi pembelajaran   agar  tetap   berinovasi.   

Jadi   pembelajaran berpusat  pada anak  kalau  bisa saya  maknai  adalah,  bahwa kemampuan  dan karakteristik setiap siswa itu berbeda maka capaiannya pun nanti akan berbeda. 

Pembelajaran yang berpusat pada siswa harus fokus pada kemampuan dan karakteristik siswa,  supaya siswa dapat mencapai tujuan  pembelajaran yang lebih bermakna dan mencerminkan Profil  Pelajar Pancasila.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun