Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Fantastic 4 di USA - Di Indonesia 7 Magnificent

3 Maret 2016   10:39 Diperbarui: 3 Maret 2016   11:32 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Deskripsi : Tujuh Yang Mengagumkan I Sumber Foto : Andri M"][/caption]

Perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian JNE berdiri pada tahun 1990. Telah genap berusia 25 tahun pada tanggal 26 November 2015 lalu, bapak Soeprapto Suparno mendirikan perusahaan ini dengan nama PT Tiki JNE. Momen seperempat abad usia JNE merupakan perjalanan panjang yang telah membawa JNE pada situasi yang berbeda  dibandingkan ketika masih berpegawai 8 (delapan) orang. Kesuksesan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian dapat dilihat dari kuartal ketiga 2015, total pendapatan dari penjualan JNE tumbuh 30 %, dibandingkan dengan periode tahun lalu. 

Saat ini JNE menjadi perusahaan jasa kurir pengiriman barang tingkat domestik yang paling berpengaruh di Indonesia. JNE berhasil melayani pengiriman barang meliputi hampir disemua daerah di Indonesia. Ketika perkembangan prilaku masyarakat mengikuti tehnologi yaitu dimana dunia digital dan internet tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari ternyata pelayanan JNE pun mengikuti. Adanya pesaing yang sudah menggunakan aplikasi via smartphone secara online yang juga menyediakan jasa kurir pengiriman barang, menjadi tantangan tersendiri untuk disiasati yaitu dengan inovasi - inovasi baru oleh JNE.

Untuk itu pada tanggal 29 februari 2016-JNE , perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik nasional, meluncurkan tujuh program inovasi terbaru yang dinamakan "7 Magnificent" atau "7 yang mengagumkan". Ketujuh program atau produk layanan tersebut adalah Aplikasi MyJNE; JNE-PopBox; @box prepaid; Promo JNE Super Speed; JNE Internasional Shipment; Layanan CD Music dan JNE Trucking. Seluruhnya merupakan perwujudan dari rencana pengembangan bisnis perusahaan yang fokus pada pengembangan di bidang Information Technologi (IT) dan infrastruktur. 

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang mengembangkan bisnis industri logistik sudah aku kenal sejak tahun 2010 ketika baru memulai menjadi seller online. Banyak para seller online telah mendapatkan manfaat dari usaha jasa pengiriman dan pendistribusian oleh JNE. JNE menjadi bagian yang membantu saya mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan utama sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di RSKO jakarta. JNE saya pilih sebagai jasa pengiriman barang dagangan kepada konsumen berupa : pakaian outdoor, sepatu casual, sepatu outdoor dan kacamata outdoor untuk mata minus dan slinder.

[caption caption="Deskripsi : Aplikasi My JNE di lounching I Sumbuer Foto : Andri M"]

[/caption]

Kenapa saya memilih JNE, karena mampu memberikan rasa aman dari konsumen langganan saya. Yang membuat mereka merasa aman terhadap barang yang dikirim oleh JNE karena mendapatkan sebuah nomer resi yang dapat di track / lacak keberadaan barang yang terkirim oleh konsumen. Layanan dari JNE yang dapat memonitor status pengiriman adalah My JNE. My JNE merupakan aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. 

Tidak hanya memberikan layanan memonitor status pengiriman, melalui aplikasi ini pengguna dapat; mengecek tarif pengiriman, mengecek lokasi jne terdekat, melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli terdekat. Dalam menu My JNE juga terdapat My COD (Cash On Digital). Fitur ini memberikan layanan pembayaran belanja online dengan sistem esrow melalui Bank Permata. Dharapkan dengan fitur yang inovatif untuk dunia usaha ini dapat mewadahi para penjual (seller) dan pembeli (buyer) melakukan transaksi secara aman, mudah dan terkontrol. Fasilitas layanan ini memiliki syarat untuk menjamin keamanan dalam bertransaksi, yaitu pengguna harus terdaftar (registered user).

[caption caption="Deskripsi : Penampilan My JNE di Android I Sumber Foto : Screen Shoot layar Android"]

[/caption]

[caption caption="Deskripsi : Cara Penggunaan Escrow di My JNE I Sumber Foto : Andri M - JNE"]

[/caption]

My JNE memberikan fitur-fitur baru yang belum ada pada aplikasi sebelumnya. fitur-fitur tersebut ; sejarah data pengiriman yang terhubung dengan nomor telepon serta fitur My COD yang memungkinkan seller menghubungkan data pesanan toko online dengan sistem JNE.  Saya mendapatkan Aplikasi My JNE di Play Store pada Android, mengunduh tidak lama dan dijalankan aplikasi tidak berat. Untuk mendapatkannya aplikasinya bisa megklik DISINI .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun