Apakah Anda pernah menggunakan JNE sebagai jasa pengiriman barang/paket? atau membeli sesuatu di toko online atau e-commerce, dimana pada saat memastikan ongkos kirim dengan memilih paket pengiriman, terdapat nama JNE di pilihan tersebut ? sepertinya pernah dwonk!
JNE merupakan singkatan dari PT Jalur Nugraha Ekakurir. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa pengiriman barang yang ternyata saat ini terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia. JNE didirikan oleh Soeprapto Suparno pada tahun 1990.
Sebagai perusahaan penyedia jasa pengiriman barang, ternyata JNE pun aktif di sosial media dan channel youtube. Untuk Instagram @jne_id, twitter @JNE_ID, dan Channel YouTube JNE.
Ternyata JNE tidak hanya menggunakan platform sosial media dan YouTube untuk branding dan promosi saja, tetapi juga digunakan untuk menginspirasi masyarakat bahwa dengan berwirausaha bisa meningkatkan taraf hidup bahkan sukses.
Kisah-kisah inspirasi itu ditayangkan dalam program Cerita Joni yang kita dapat lihat di channel YouTube JNE. Joni adalah ikon JNE yang berasal dari kepanjangan JNE Ontime Integrator. Cerita Joni merupakan talkshow yang ringan dan juga santai yang dapat menginspirasi dan memotivasi agar kita bisa lebih baik lagi.
Salah-satu kisah inspiratif Cerita Joni yang membuat daku (saya) tertarik ialah kisah pasangan suami istri Owner AW Collections, Wiwid Sofiyanti dan Arif Aryanto yang sukses membangun usahanya dari nol. AW Collection merupakan salah-satu dari UMKM di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Wiwid Sofiyanti dan Arif Aryanto membagikan cerita pengalaman suksesnya dan bagaimana jasa pengiriman seperti JNE amat membantu usahanya itu di kanal Youtube JNE, yang diposting 20 Desember 2020 dengan judul "Cerita JONI bahas UMKM bareng AW Collections dan JNE"
Pasangan ini berawal berjualan dengan modalnya yang tidak terbilang besar di tahun 2015, yakni hanya Rp.314.000. Produk dagangan AW Collection berupa hijab dan fashion awalnya diambil dari produk orang lain, lalu mereka pasarkan secara online. Penjualan secara online dipilih karena masyarakat mudah melihat dan memilih produknya.
Saat memulai usaha AW Collection itu mereka masih berpacaran sebelum menikah, dimana Wiwid masih dibangku kuliah semester 3 dan Arif berkerja di Bank Swasta. Mereka memilh produk hijab karena 90 % wanita dilingkungan mereka menggunakan hijab.