Mohon tunggu...
Andri Mastiyanto
Andri Mastiyanto Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penyuluh Kesehatan

Kompasianer Of the Year 2022, 105 x Prestasi Digital Competition (70 writing competition, 25 Instagram Competition, 9 Twitter Competition, 1 Short Video Competition), Blogger terpilih Writingthon 2020, Best Story Telling Danone Blogger Academy 2, Best Member Backpacker Jakarta 2014, ASN, Email : mastiyan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Aplikasi Mobile JKN Mempermudah Masyarakat Mengakses BPJS Kesehatan

18 November 2017   05:53 Diperbarui: 18 November 2017   06:44 1750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
BPJS Kesehatan telah menghadirkan aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah layanan ( BPJS Kesehatan )

Kesehatan yang baik merupakan kondisi tubuh yang secara fisik dan rohani yang tidak mengalami gangguan. Apabila kesehatan terganggu akan menimbulkan pengeluaran finansial yang tidak sedikit, apalagi bila terkena penyakit akut dan kronis. Penyakit seperti diabetes, kanker, masalah ginjal, jantung dapat membuat keuangan keluarga tidak sehat.

Masyarakat saat ini diharapkan untuk melakukan pendaftaran dan pemanfaatan layanan BPJS Kesehatan. Layanan bantuan pembiayaan kesehatan ini dapat membantu warga yang terkena penyakit dari pembiayaan yang rendah sampai dengan biaya milyaran seperti kanker dan jantung. Untuk itu masyarakat sebaiknya menggunakan layanan BPJS agar tidak termiskinkan.

Daku memiliki pengalaman berharga ketika mendapatkan layanan BPJS Kesehatan ketika merawat almarhum Bapak dan Kakak. Saat itu BPJS kesehatan sangat membantu kami keluarga terdekat dalam pembiayaan layanan kesehatan di Rumah Sakit. Bila kami menggunakan biaya sendiri mungkin saja daku sudah menjual rumah keluarga.

Grand Launching Mobile JKN di Gedung Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta tanggal 15 nov 2017 (dokpri)
Grand Launching Mobile JKN di Gedung Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta tanggal 15 nov 2017 (dokpri)
Saat ini BPJS Kesehatan telah melaunching aplikasi mobile yang bernama 'Mobile JKN'. Peluncuran Mobile JKN, dilaksanakan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, pada tanggal 15 November 2017 yang dihadiri Menkominfo Pak Rudiantara.

Dalam sambutannya Direktur Utama BPJS Kesehatan Bapak Fachmi Idris menyampaikan "Dengan hadirnya Mobile JKN diharapkan dapat membuat layanan BPJS Kesehatan lebih efesien untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta maupun memudahkan peserta untuk mengakses informasi mengenai BPJS Kesehatan" ucapnya.

Menkominfo turut menyampaikan bahwa lahirnya aplikasi mobile JKN sesuatu yang baik bagi masyarakat. BPJS Kesehatan melahirkan aplikasi ini bukanlah karena teknologi yang memaksa kita berubah. Melainkan dari diri kita yang punya keinginan untuk berubah yang berujung mengikuti kemajuan teknologi.

Berkenalan Dengan Mobile JKN

Pada bulan September 2017 daku mendapati sebuah aplikasi bernama Mobile JKN. Saat itu daku sedang membuka aplikasi Playstore. Daku perhatikan aplikasi mobile JKN tidaklah memiliki size besar dibawah 20 mb. Kemudian daku mengunduh dan menginstallnya disalah-satu smartphone yang daku miliki.

Daku rasa saat itu kenapa harus memiliki aplikasi tersebut karena suatu saat nanti akan membutuhkan layanan BPJS Kesehatan. Apalagi pengalaman daku di tahun 2016 yang terasa sekali manfaat dari BPJS Kesehatan. Memang ada keinginan dari diri sendiri untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan dari Jakarta Selatan ke Cikeas.

BPJS Kesehatan sepertinya melihat perubahan jaman ini dengan meluncurkan aplikasi mobile bernama 'Mobile JKN'. Aplikasi ini sepertinya memberi manfaat bagi peserta dan masyarakat yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) dari BPJS Kesehatan. Manfaat tersebut ialah efesiensi dan membuat calon peserta tidak perlu mengantri ke kantor BPJS Kesehatan.

Penampilan Mobile JKN di bulan september 2017 (dokpri)
Penampilan Mobile JKN di bulan september 2017 (dokpri)
Pada saat pertamakali mengeksplore Mobile JKN di bulan september 2017 terdapat beberapa kemudahan dari aplikasi ini, yaitu ; Kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, Kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga, Kemudahan untuk mengetahui informasi tagihan iuran peserta, Kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan Kemudahan menyampaikan keluhan, serta pertanyaan, & jawaban seputar JKN-KIS.

Ternyata pada bulan November ini daku mendapatkan kesempatan hadir di grand launching mobile JKN 2017. Awalnya daku tidak memperhatikan aplikasi mobile JKN karena bukan aplikasi yang dipakai daily sehingga tidak update. Pada saat grand lounching Mobile JKN di kantor pusat ternyata tampilan mobile JKN sudah berubah.

Penampilan Mobile JKN di bulan November 2017 (screenshoot Mobile JKN)
Penampilan Mobile JKN di bulan November 2017 (screenshoot Mobile JKN)
Tampilan mobile JKN di bulan september 2017 seingat daku masih terlihat kaku dengan shortcut bar berupa kotak - kotak yang tegas. Bulan November ini terlihat begitu fresh ala anak muda. Jumlah shortcut di tampilan muka hanya 4 (empat) yang mewakili fitur-fitur layanan BPJS Kesehatan. Fitur-fitur tersebut yaitu : Menu Peserta, Tagihan, Pelayanan, dan Umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun