Mohon tunggu...
sekar A
sekar A Mohon Tunggu... Penulis - pemimpi

Active

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Bingung Ingin Membeli Kopi yang Mana, Ketahuilah Jenis-jenis Kopi Berikut!

3 November 2020   09:01 Diperbarui: 3 November 2020   09:12 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber : Unplash Photo By Mike Keannelly)

Ada berbagai jenis macam kopi yang ada di seluruh dunia ini. Bagi orang penikmat kopi, pasti sudah tentu bisa membedakan berbagai jenis kopi. Tetapi sulit membedakan jenis kopi untuk orang awam, seperti saya. Jujur, saya hanya tahu kopi sachet yang dijual di toko-toko terdekat, Hihihi.

Waktu itu saya, adik saya, dan ibu saya memutari satu mall demi mencari salah satu kedai kopi yang sudah mendunia ini. Kami berjalan dari lantai atas hingga lantai dasar, tidak kunjung ketemu juga dengan kedai tersebut. Untungnya, ada salah satu satpam yang berbaik hati menunjukkan jalannya. 

Sesampai di kedai tersebut, kami bertiga sedikit berdebat kopi mana yang ingin dipesan. Sebenarnya, kami tidak tahu mana yang mau dipesan, yang penting manis saja. 

Kami hanya memesan satu gelas besar untuk satu keluarga. Ya, satu keluarga terdiri dari empat orang. Ini pertama kalinya saya memesan kopi di kedai yang sudah mendunia ini.

Adik saya yang tidak sabaran lantas menunjukkan satu jenis kopi di menu. Saya lupa namanya, tapi kalau dibaca, sepertinya itu kopi manis. Sekian menit kami menunggu, akhirnya pesanan datang.

 Lantas, kami keluar dan berjalan menuju parkiran mobil. Sesampai di mobil, adik saya menempelkan mulutnya pada gelas tersebut pertama kalinya. Saya pikir dia akan suka, karena manis, namun nyatanya, pahit, hihihi.

Belajar dari pengalaman tersebut saya akhirnya memutuskan belajar apa perbedaan kopi-kopi yang suka dijual di kedai.

1. ESPRESSO

Bubuk kopi + sedikit air = espresso

(sumber : quora)
(sumber : quora)

Bisa dibilang, ini adalah kopi paling 'strong' dari jenis kopi lainnya. Itu dikarenakan espresso terdiri dari ekstrak biji kopi murni tanpa campuran apapun. 

Bahannya terdiri dari bubuk kopi yang sangat banyak namun ditambahkan sedikit air sekitar 25-30 ml sehingga konsentrasinya sangat tinggi. Espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti express yang artinya cepat. 

Makna ini diambil dari cara penyajian yang cepat dan segera untuk pelanggan. Espresso adalah cikal-bakal dari semua jenis kopi lainnya. Kopi ini cocok untuk kamu yang suka begadang hingga larut malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun