Hai friends seneng sekali bisa nulis lagi, jadi untuk kali ini saya membahas tentang asyiknya ngeYouTube, apalagi konten yang kita nikmatin itu ngobrolin soal dunia entertain. Udah pasti bakalan betah berlama-lama menonton YouTube.
Pasti temen-temen suka heran kenapa sih YouTube itu bisa bikin kita betah menonton meski durasinya lama. Karena menurut pakar komunikasi menjelaskan bahwa YouTube tersebut menyajikan informasi bersifat audio visual dimana konten nya tersebut berisikan video.
Dengan slogan Broadcast Yourself membuat para masyarakat berlomba-lomba untuk menyajikan konten yang beragam. Mulai dari hiburan, berita, sosial budaya, ekonomi, politik, agama, dan pokoknya banyak banget deh kalo kita sebutin satu-satu sampe penulis aja mikir keras hehe.
Nah kembali ke topik, dimana disini penulis akan membahas tentang keefektifitasan suatu media khususnya media berbasis online seperti platform YouTube dan platform media lainnya seperti portal berita online yang menyajikan informasi sama seperti YouTube. Hanya saja portal berita media online lebih menekankan isian kontennya dalam bentuk teks, berbeda dengan YouTube yang sajian konten nya berupa video.
Masing-masing platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing apalagi dalam menyajikan informasi yang berkaitan dengan dunia entertainment. Pertama-tama penulis akan membahas kelebihan serta kekurangan media portal berita online dalam menyajikan informasi terkait dengan entertainment.
Kelebihan platform media online dalam menyajikan informasi emtertainment adalah para pembaca bisa lebih mengetahui lebih cepat informasi yang di unggah di media online berbeda dengan YouTube para penonton harus bisa menyaksikan videonya terlebih dahulu dengan durasi yang lumayan memakan waktu.Â
Namun kekurangan dalam media online dalam menyajikan informasi emtertainment adalah isi dari berita nya yang tidak terlalu akurat jadi sebatas umum saja namun tidak sedetail yang di beritakan informasinya lewat YouTube, mungkin media online hadir untuk para pembaca yang ingin lebih cepat memperoleh informasi karena hanya dengan melihat judul saja pembaca sudah bisa langsung mengetahui isi pemberitaannya, berbeda dengan YouTube yang memiliki judul yang mencuri perhatian dan membuat khalayak penasaran lalu membuka isi video nya dulu baru mengetahui isi informasi berita terkait dengan pemberitaan entertainment tersebut.
Sedangkan untuk platform YouTube memiliki kelebihan seperti informasi yang disajikan lengkap karena menampilkan cuplikan video serta penjelasan yang lebih akurat, berbeda dengan media online yang hanya menyajikan teks saja, didalam YouTube semua elemen multimedia ada seperti audio, visual, serta teks.Â
Namun, kelemahan YouTube adalah temen-temen harus menyediakan waktu yang cukup lama agar supaya bisa mengetahui informasi lebih detail dan jelas, belum lagi jika kita mengakses video YouTube mengandung unsur click bait yang membuat kita menyia-nyiakan waktu karena terlena dengan tampilan thumbnail yang membuat penasaran, berbeda dengan media online yang menyajikan informasinya langsung to the point namun perlu adanya perbadingan informasi karena tiap portal media online memiliki framing atau opini yang berbeda-beda.
Jadi kesimpulannya bahwa dalam mengakses berita terutama media yang menyajikan informasi terkait dengan berita entertainment harus memiliki refrensi yang tidak hanya satu agar kita sebagai netizen bisa lebih bijak dalam mengambil kesimpulan. Dan tiap platform menurut penulis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi tergantung kita juga yang mengakses berita tersebut berpikir seperti apa.Â
Saran penulis sebagai pembaca ataupun penonton kita juga harus memiliki sikap positif terhadap apa yang kita konsumsi dalam artian konsumsi berita agar bisa menjadi netizen yang bijak dan cerdas. Terimakasih sudah membaca artikel saya temen-temen semoga bermanfaat ya.