Mohon tunggu...
RAKA AHMAD RIEVAI
RAKA AHMAD RIEVAI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya adalah mahasiswa UIN JAKARTA dan Pemain Tenis meja

Holaa, perkenalkan nama saya adalah Raka Ahmad Rievai, kalian bisa memanggilku Raka. Saya adalah mahasiswa UIN Jakarta semester 2, sebelum saya masuk UIN saya adalah murid madrasah dari sekolah MAN 6 Jakarta kampus A, kenapa ada kampus A nya? Karna sekolah saya ada 2 gedung, gedung A dan gedung B. Oiyaa saya juga punya Hobi loh, mau tau? Oke hobi saya itu adalah bermain tenis meja, saya sangat senang sekali bermain tenis meja, karena tenis meja saya mendapatkan juara dan relasi yang besar untuk masa depan yang akan datang. Topik yang saya suka antara lain adalah teknologi, seni & budaya, olahraga, musik, dan games. Tentang kepribadian orang, saya termasuk orang yang sedikit introvert. Saya suka musik yang bergenre pop dan rock, itu membuat saya hidup dengan semangat dan rock n roll. Selain itu saya juga mempunyai makanan kesukaan yaitu masakan ibu, apa yang ibu masak akan saya makan, apalagi kalau masakannya dibuat dengan senang tambah enak. Oiya umur saya 18 tahun dengan status masih single. Pengalaman saya berorganisasi saya pernah menjadi anggota OSIS Mts, pengajar ngaji anak-anak, dan telibat dengan acara kampus, dan pada saat ini saya terlibat organisasi yang bernama Forsa yaitu sebagai anggota divisi Tenis meja. Senang rasanya jika kita bisa berorganisasi dengan kemauan kita sendiri tanpa adanya paksaan dari orang lain. Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan jika masih penasaran bisa ketemuan.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Olahraga yang Disenangi oleh Rasulullah SAW

10 Juli 2023   19:11 Diperbarui: 10 Juli 2023   19:15 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Olahraga adalah sebuah aktivitas atau kegiatan untuk melatih tubuh seseorang secara jasmani dan rohani. Menurut Jessica Dolland olahraga adalah "media pereda stres terbaik yang ada di dunia yang bisa mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir. Dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh bisa relaks kembali"(Zakky, 2019). Dalam kehidupan sekarang olahraga merupakan kebutuhan hidup setian insan manusia, karena ketika seseorang melakukan aktivitas olahraga secara rutin akan membawa pengaruh yang positif kepada tubuhnya sendiri. 

Dengan melakukan aktivitas olahraga tubuh kita dapat menjadi kuat dan sehat secara penampilan luar dan dalam. Selain olahraga membawa pengaruh yang positif terhadap tubuh, ternyata juga dapat memberikan manfaat kepada sisi rohaninya. Manfaat yang dapat dirasakan ketika kita melakukan olahraga secara rutin adalah jiwa menjadi tentram, dapat meningkatkan kerja alat-alat didalam tubuh sehingga pernafasan, peredaran darah, dan pencernaan menjadi teratur dan bisa bekerja menjadi lebih baik lagi.

Dalam pandangan Islam olahraga sendiri olahraga menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga sunnah bagi yang mengerjakannya, bahkan Rasulullah terang-terangan menyuruh kita umat muslim untuk berolahraga, Rasulullah SAW bersabda " Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah." (HR Bukhari, Muslim). oleh karna itu sangat penting sekali bagi kita untuk melakukan aktivitas olahraga, bahkan Rasulullah SAW pernah mengalahkan para sahabatnya dan Aisya RA dalam melakukan lari kencang (sprint). Jadi olahraga merupakan anjuran bagi setiap umat Islam untuk diikuti agar setiap umat Islam bisa hidup sehat dan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Berikut mengapa alas an kita untuk mempelajari olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW, yaitu :

Olahraga Berkuda 

olahraga berkuda adalah salah satu anjuran yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam berkuda adalah salah satu keahlian yang harus dimiliki seseorang ketika berperang dijalan Allah SWT. Berkuda juga dapat memberikan isyarat kepada umat manusia untuk terus bertindak efektif dalam berhubungan persoalan yang menyangkut kehidupan. Dalam Al- Quran dikatakan bahwa dalam olahraga berkuda mempunyai segudang manfaat sampai hari akhir (kiamat). Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda: "Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga hari kiamat. " (HR Bukhari). Manfaat yang kita dapatkan ketika kita melakukan aktivitas berkuda antara lain meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan akselerasi reflesi tubuh, melatih daya penglihatan, melatih konsentrasi, melatih rasa kepekaan terhadap hewan.

Olahraga Memanah 

Olahraga memanah juga menjadi salah satu olahraga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Karena pada zaman Rasulullah dan Khulafaurrasyidin kegiatan memanah menjadi salah satu kegiatan penting yang wajib dipelajari oleh setiap umat muslim yang ingin berperang di jalan Allah. Oleh karena itu banyak perang yang dimenangin oleh para muslim sebagian besar dari memanah. Di zaman sekarang memanah menjadi cabang olahraga Internasioanal karena banyak diminati oleh para masyarakat. Selain itu olahraga memanah dapat bermanfaat bagi tubuh kita antara lain : meningkatkan koordinasi tangan dan mata, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, membangun kekuatan tubuh, meningkatkan kesabaran dan focus, dan merelaksasi reaksi tubuh, dan lain-lain.

Olahraga berenang

Olahraga renang adalah olahraga yang dilakukan dalam air yang juga dan juga disunahkan oleh Rasulullah SAW. Dalam teori yang dipaparkan oleh ahli "Renang adalah salah satu olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan badan di air"(Riadi, 2017), seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga badan terapung di permukaan air. Dalam pandangan Islam olahraga renang menjadi penting karna Rasulullah SAW sendiri yang menganjurkannya, tetapi dalam urusan aurat juga harus diperhatikan, karena di era sekarang banyak sekali kaum muslim yang tidak tahu tentang cara berbusana ketika berenang. Aurat laki-laki tetap harus ditutup yaitu antara puser dan lutut sedangkan wanita dari atas sampai kaki, jika ada kolam yang dipisah antara laki-laki dan perempuan maka aurat seorang wanita yang boleh terlihat sesama wanita adalah rambut, tangan, dan kaki.

Olahraga lari

Olahraga lari juga menjadi salah satu olahraga yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW. Olahraga lari juga menjadi salah satu cara kita bisa membakar lemak dan bisa memperkuat paru-paru kita dan membuat jantung bisa lebih sehat. Anjuran olahrga berlari oleh Rasulullah terdapat pada sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Aisya RA yakni: "Aku Aisyah pernah keluar bersama Rasulullah SAW, dan saat itu aku masih kurus. Ketika kami telah sampai di suatu tempat, beliau berujar kepada para sahabatnya : " Pergilah kalian terlebih dahulu!" kemudain beliau menantangku untuk berlomba denganmu!" kemudian dia balapan denganku, namun akhirnya aku memenangkan lomba tersebut. Pada kesempatan lain, aku berpegian bersama beliau, saat badanku semakin besar. Ketika kami berada di suatu tempat, Rasulullah SAW berkata kepada para sahabatnya: "Pergilah kalian terlebih dahulu!" kemudian beliau menantangku untuk berlari, "Ayo kesinilah! Aku akan berlomba denganmu!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun