Mohon tunggu...
Raisya AuliaAsyaffah
Raisya AuliaAsyaffah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Siapa yang Bersungguh-sungguh pasti akan bisa.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Guru dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia

31 Maret 2022   12:00 Diperbarui: 31 Maret 2022   12:06 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ibu Lisa Novia dan Mahasiswi Sastra Indonesia (dokpri)

Pammulang, 19 Maret 2022. 

Peran guru sangat penting dalam kehidupan Proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menjadi tanggung jawab dan tanggung jawab guru. Pengelolaan kelas adalah suatu bentuk dimana guru secara kreatif mengatur dan memelihara kondisi belajar yang terbaik dan mengembalikannya ketika terjadi gangguan dalam proses pengajaran. 

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999). Di antara 174 negara di dunia. 

Oleh karena itu, Peran guru begitu penting dalam pengembangan kurikulum sehingga mudah diterima oleh siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Guru membutuhkan berbagai pendidikan pengetahuan dan keterampilan untuk beradaptasi dengan kebutuhan zaman dalam rangka menjalankan profesinya yaitu sebagai guru. 

Seperti yang saya ketahui dari pengalaman ibu Lisa Novia ,M.Pd selaku Dosen Sastra Indonesia Universitas Pamulang yang saya wawancarai tempo hari, Sabtu/19 maret/2022. 11.45 WIB

Beliau menjelaskan perjuangan menuntut ilmu, bahwa menjalankan profesi sebagai guru itu tidak mudah, beliau menimba ilmu S1,S2 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) dengan program studi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. 

Beliau pun menjelaskan kilas balik perjuangannya sebelum mengajar di Universitas Pamulang. "Waktu saya masih kuliah, saya pernah ngajari di TK, di SD. Alhamdulillah selesai kuliah saya memiliki sarjana S1 lalu saya mengajar di sekolah tingkat tinggi di SMK masih mengajar saya melanjutkan S2 dan alhamdulillah keterima menjadi dosen di kampus swasta ini"

Tujuan utama guru adalah memperbaiki sistem pendidikan. Seperti yang diungkapkan ibu Lisa "ketika saya melihat banyak anak-anak disekitar rumah yang putus sekolah pada zaman itu, jiwa saya terpanggil menjadi guru. Maka dari itu saya mengambil pendidikan guru, untuk meningkatkan pendidikan di indonesia"  

dokpri
dokpri

Penulis : Raisya Aulia Asyaffah

Dosen Pengampu : Deni Darmawan, S. sos. M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun