Dalam proses pembelajaran Matematika, dibutuhkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai agar materi dapat disampaikan dengan efektif kepada para siswa. Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Media pembelajaran pun tidak luput dari perkembangan zaman. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mujiani  (2016), pemberian media pembelajaran dapat memberikan suatu motivasi bagi murid untuk mengeksplorasi salah satu materi matematika.
Terdapat sebuah teknologi yang berkembang di ranah komputer saat ini ialah Augmented Reality yang biasa disebut AR. Teknologi ini memiliki keunggulan dalam memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang subjek pengenalan, sehingga dapat dijadikan sebagai metode inovatif untuk mengenalkan rumus matematika khususnya pada materi bangun ruang. (Subagyo, Listyorini, dan Susanto, 2015).
Augmented Reality merupakan teknologi komputer yang berkembang dan mampu menggabungkan objek virtual yang berdimensi dua atau tiga ke dalam lingkungan nyata, sehingga menciptakan ruang gabungan yang terlihat secara realistis dalam waktu nyata (real time). (Ramadhan, Putra, dan Surahman, 2021). Untuk menerapkan AR ke dalam pembelajaran, maka kita dapat menerapkan MAR atau Matematika Augmented Realiry sebagai media pembelajaran. Penggunaan perangkat MAR atau Matematika Augmented Reality adalah suatu bentuk implementasi perangkat yang digunakan sebagai bahan ajar untuk materi bangun ruang melalui smartphone dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality secara online. (Wardani, 2015 dan Wijayanti dan Rachmawati, 2021).
      Pengimplementasian AR ini memanfaatkan platform smartphone baik Android maupun iOS melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui toko aplikasi atau bisa dirancang sendiri menggunakan bantuan software dari komputer. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yang, Susanti, Hajjah, Marlim, dan Tendra (2022), aplikasi model pembelajaran matematika yang menggunakan teknologi AR pada materi bangun ruang dan bangun datar telah terbukti efektif dan dapat digunakan secara optimal.. Namun, penerapan model AR dalam pembelajaran matematika ini terdapat sejumlah murid yang masih mengalami kesulitan saat mengerti matematika. Di samping itu, penerapan ini dapat membuat murid belajar sambil bermain (Rorimpandey dan Kalalo, 2018).
      Adapun langkah-langkah sederhana dari penggunaan Aplikasi berbasis AR ini di antaranya (1) Download Aplikasi bernama "Augmented Reality App" pada toko aplikasi sesuai OS pada perangkat yang digunakan; (2) Buka aplikasi tersebut dan akan disajikan menu dengan berbagai opsi yang terdiri dari Shapes, Solar System, Surface Detection, Measures, dan lain-lain. Pilih sesuai kebutuhan; (3) Tekan tombol "AR" dan akan diarahkan ke kamera; dan (4) Arahkan kamera pada bentuk-bentuk yang relevan dan nanti akan muncul deskripsi bentuk yang dituju.
      Penggunaan AR ini tidak hanya dapat dilakukan melalui aplikasi yang sudah tersedia saja, namun dapat diperluas dengan merancang sendiri aplikasinya dengan berbantuan software. Contohnya dalam penelitian yang dilakukan oleh Saputri dan Sibarani (2020) yang akhirnya menghasilkan suatu aplikasi berbasis AR yang dirancang sendiri dengan metode Mark Based Tracking dengan bantuan Marker Augmented Reality melalui smartphone berbasis Android.
      Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hasni dan Zakir (2022), terdapat pengaruh akibat pemanfaatan media pembelajaran AR terhadap hasil dari pembelajaran, yang artinya pemanfaatan teknologi AR terhadap pembelajaran matematika ini membuahkan hasil yang baik dan cocok untuk diterapkan khususnya materi bangun ruang. Pengembangan eksplorasi dari MAR ini pun dapat menjadi suatu faktor penguatan karakter dalam materi bangun ruang (Rachmawati, Wijayanti, dan Anugraini, 2020). Maka dapat disimpulkan, aplikasi AR ini sangat berpotensi membantu murid dalam memahami matematika khususnya pada materi bangun ruang.
REFERENSI
Hasni, I., & Zakir, S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Augmented Reality Bangun Ruang pada Mata Pelajaran Matematika di SMAN 01 Sungai Aur Pasaman Barat. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 486-495.
Mujiani, D. (2016). Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 199-209.
Rachmawati, R., Wijayanti, R., & Anugraini, A. P. (2020). Pengembangan eksplorasi MAR (Matematika Augmented Reality) dengan penguatan karakter pada materi bangun ruang sekolah dasar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2).