Mohon tunggu...
Raihan Ghiffari
Raihan Ghiffari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hobi Kuliah dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP di Wonogiri Mengedukasi kepada UMKM rentang Brand Awareness Guna Meningkatkan Penjualan

13 Februari 2023   06:20 Diperbarui: 13 Februari 2023   06:36 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gendayakan, Wonogiri (2/2/2023). Brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen. Pada umumnya, sebuah bisnis akan melakukan segala hal untuk dapat mudah dikenali oleh calon pelanggan mereka. Mulai dari memasang iklan, mempromosikan produk di media sosial, dan masih banyak lagi. 

Dengan memiliki brand awareness, seorang konsumen akan mengenal sebuah merek, dan mereka cenderung melakukan pembelian terhadap merek yang mereka kenal dari pada yang tidak. Selain dapat membangun kepercayaan pelanggan, brand awareness juga dapat membuka beberapa peluang seperti, mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, menjaga agar pelanggan tetap mengingat dan setia pada brand, dan dapat menjadi strategi jangka panjang.

Para pelaku UMKM khususnya di desa Gendayakan Wonogiri masih banyak yang belum dapat memanfaatkan teknologi khususnya sosial media secara maksimal. Banyak dari mereka yang masih menggunakan metode tradisional untuk berjualan. 

Hal tersebut yang mendorong Mahasiswa KKN Tim II UNDIP untuk membantu meningkatkan brand awareness dari UMKM yang berada di wilayah desa Gendayakan Wonogiri agar produk yang mereka pasarkan dapat dikenal oleh masyarakat tidak hanya dari Kelurahan Mugassari namun juga dari luar daerah tersebut.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP berusaha memberikan edukasi dan pelatihan, khususnya kepada para pelaku UMKM di desa Gendayakan Wonogiri agar dapat mengembangkan usaha, memanfaatkan sosial media sebagai media promosi secara maksimal yang mana nantinya dapat memberikan mereka pelanggan potensial yang dapat meningkatkan penjualan mereka. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan poster dan edukasi secara door-to-door ke para pelaku usaha.

Kegiatan ini disambut hangat dan antusias dari para pelaku usaha. Melalui sosialisasi "Peningkatan Brand Awareness" ini, diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan serta dapat lebih memanfaatkan teknologi yang ada dan juga dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini maupun di masa yang akan datang.

Penulis : Raihan Ghiffari Fadhlillah

DPL : Dr. Tuswan, S.T.

Lokasi : Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun