senin 9-9-2024
Jam ke 1: 7.30-08.05 Peserta didik bernyanyi dan menghafal lagu Bhineka Tunggal Ika
Jam ke 2: 08.05-8.45 Peserta didik menonton video kedua tentang menghargai perbedaan
Jam ke 3: 08.45-09.25 Peserta didik menonton video tentang sejarah Bhineka Tunggal Ika
09.25-9.50 istirahat
Jam ke 4 dan 5:9.50-11.10 Peserta didik mengerjakan LKPD tentang Bhinneka Tunggal Ika
Jam ke 7:11.10-11.50 Presentasi dan tanya jawab
Jam 11.50-12.25 istirahat
Jam ke 7: 12.25-13.05 Peserta didik diberikan materi
tentang Bhinneka Tunggal Ika berupa ppt Pancasila Jam ke 8 13.05-13.45 Peserta didik mengerjakan soal dibuku tulis.
SELASA 10-9-2024
Jam ke 1: Peserta didik akan diberikan vidio tentang suku suku di Indonesia
Jam ke 2: Peserta didik diberikan games yang akan
panitia berikan linknya
NULIS
Jam ke 3: Peserta didik mencari keragaman suku bangsa (Tari daerah dan Pakaian adat)
Jam ke 4: Peserta didik diharapkan bisa mempresentasikan hasil yang telah mereka diskusikan
Jam ke 5: Peserta didik mulai mencari lagi keragaman suku bangsa yang lain (Rumah adat dan Permainan tradisional
Jam ke 6: Peserta didik melanjutkan kembali menggali informasi tentang keragaman suku yang lainnya (Makanan
tradisional dan Alat musik tradisional) Jam ke 7: Presentasi dan Tanya jawab
NULIS
8
9
A
Jam ke 8-9: Peserta didik mencari lagu nasional dan lagu daerah beserta maknanya( minimal masing2 1 lagu) Kerja Individu
RABU-11-9-2024
LITERAS
Jam ke1: Peserta didik menonton video tentang percakapan bahasa daerah (Youtube)
https://youtu.be/OVs4eDjX6R4?si=EWfOu9Wy6- dtEQ_4
Jam ke 2 dan ke 3: Peserta didik membuat percakapan bahasa daerah setiap kelompok berpasangan sesuai suku yang ditetapkan dan secara berbeda-beda.
Jam ke 4: Peserta didk mempraktikkan percakapan bahasa daerah dan divideokan secara bergantian.
NULIS
ISTIRAHAT
Jam ke 5: Peserta didk mempraktikkan percakapan bahasa daerah dan divideokan secara bergantian. Jam ke 6 dan ke 7: Peserta didik menonton video tentang pembuatan rumah adat dari kardus melalui you tube.
https://youtu.be/8LDZpaBqIDo?si=75jhu2K3vqBHpFGn
Peserta didik menonton video tentang pembuatan
tumah adat dari stick es krim melalui you tube.
https://youtu.be/i8EMkIIxPak?si=13_LDLNaWV5DN-Iv
KAMIS-12-9-2024
Jam 1-3: Peserta didik (Individu) mencari dan mengerjakan 38 provinsi di buku tulis yang terdiri dari :
a. Rumah Adat
B. pakaian adat
c. Permainan Tradisional
d. Lagu Daerah
e. Tari Daerah
f. Makanan Daerah
g. Alat Musik
Contoh:
1. DKI Jakarta/Betawi
Rumah adat: Rumah kebaya
Pakaian adat: Baju pangsi Betawi
Permainan: Landar lundur
Lagu daerah: Ondel-ondel Dst
Jam 4: Presentasi 5 orang random
80
Jam 5-7: Peserta didik mulai membuat kerangka rumah adat, membuat gambar di kertas hvs (sekolah menyediakan kertasnya) dan mencari video tentang lagu daerah dan tari daerah. (masing-masing kelompok membawa stick ice cream, kardus, lem tembak, lem kertas, gunting, spidol/ crayon/pensil warna)
* Masing-masing kelompok harus menggambar di kertas hvs berupa pakaian adat, makanan tradisional dan alat music
Masing-masing kelompok mencari video tentang lagu dan tarian sesuai dengan provinsinya.
* Semua kelompok wajib membuat semuanya (kerangka rumah, gambar dan video).
Jam 8-9: Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya yang sudah mereka buat
JUMAT-13-9-2024
Kegiatan Jum'at ceria:
Makan bersama (Di dampingi walikelas).
Peserta didik mendiskusikan bahan yang akan di bawa untuk di selebrasikan. (Didampingi walikelas).
Jam ke 1:
Peserta didik menonton yel yel Bhinneka Tunggal Ika melalui you tube https://www.youtube.com/watch?v= ik3bEzOFXyw
Peserta didik membuat yel yel dengan tema Bhinneka tunggal Ika dan mempraktikan di depan kelas (berkelompok). (Penilaian dari Fasilitator).
Jam ke 2 dan ke 3:
Peserta didik menghapalkan lagu daerah sesuai dengan sukunya.
Istirahat
Jam ke 4 dan 5
Presentasi lagu daerah dengan kelompoknya. (penilaian dari fasilitator)
SELASA17-9-2024
Jam 1-2: Peserta didik akan melakukan senam provinsi (menggunakan pakaian training atasan hitam bawahan training bebas)
Jam 3-4: Peserta didik mencari tentang sejarah sesuai dengan provinsinya masing-masing
Jam 5-6: Presentasi sesuai dengan kelompoknya masing-masing
Jam 7: Peseta didik membuat iklan guna mempromosikan makanan sesuai dengan provinsinya (menggambar dengan kertas karton, masing-masing kelompok membawa 1 karton untuk 1 kelompok berwarna putih)
Jam 8-9: Peserta didik sudah mulai membuat hasil karya berupa (gambar makanan/minuman tradisional, permainan tradisional serta alat musik daerah) menggunakan karton
RABU 18-9-2024
Jam ke 1-3:
Peserta didik melakukan senam Nusantara (memakai kaos olah raga sekolah)
Jam ke 4
Peserta didik membuat hasil karya Rumah adat, senjata traditional, pakaian adat, alat permainan daerah, alat musik daerah, lagu daerah dan tarian daerah (video), gambar promosi makanan dan minuman.
NULIS
Istirahat
Jam ke 5-7
* Peserta didik melanjutkan hasil karya Rumah adat, senjata traditional, pakaian adat, alat permainan daerah, alat musik daerah, lagu daerah dan tarian daerah (video), gambar promosi makanan dan minuman
Istirahat
Jam ke 8-9
Peserta didik mendekorasi kelas
KAMIS-19-9-2034
NULIS
Jam ke 1:
Peserta didik mengikuti breefing di lantai 4 (Sambutan oleh Wakasek. Kesiswaan & pengarahan dari ketua panitia propela kelas 8)
Jam ke 2-7:
Perwakilan setiap kelompok sudah berada di Stand Provinsinya masing-masing
Perwakilan kelompok yang ditugaskan mulai melakukan kunjungan pameran ke setiap stand provinsi
Perwakilan kelompok membuat laporan tugas kunjungan pameran dengan mengisi format isian yang sudah disiapkan di LKPD
Jam ke 8-9
setiap kelompok melakukan bersih-bersih kelas setelah kegiatan pameran selesai
SELEBRASI DI KELAS MASING MASING
NULIS
Sekolah
JUMAT 20-9-2024
Jumat ceria: Peserta didik bersih-bersih dan menyiram tanaman
Jam ke-1:
Peserta didik menampilkan hasil karya melalui video
Jam ke-2 dan 3:
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H