ANALISIS PEMASARAN BISNIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NEGARA
Penulis 1 : Raihan Ridho Amalky (30402000294)
Penulis 2 : Ibu Meilan Arsanti, S.Pd., M.Pd.
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Fashion di Indonesia kini semakin berkembang mengikuti arus modernisasi. Perkembangan ini menjadikan masyarakat sebagai masyarakat yang selektif di dalam menentukan gaya hidupnya. Gaya hidup sangat erat hubungannya dengan fashion, karena adanya fashion akan menunjang penampilan seseorang agar lebih menarik dan menjadi trend center di masyarakat. Produk fashion termasuk produk yang dapat dikonsumsi dalam jangka panjang karena produk ini digunakan dengan pemakainan normal satu tahun. Produk fashion meliputi pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan lain sebagainya.
Persaingan bisnis pada bidang fashion sangat ketat terutama pada bidang pakaian, pemasar bersaing dalam menawarkan barang dagangan(produk yang dijual) dengan berbagai cara yang digunakan agar konsumen tertarik dengan barang dijual oleh perusahaab tersebut. Banyak pemasar yang berusaha untuk menawarkan model pakaian terkini yang menggunakan bahan berkualitas, pembuatan desain secara khusus yang dibuat oleh toko tersebut atau ciri khas dari toko, bahkan mereka memberikan penawaran harga yang pas dikantong(murah).
Semua pilihan tergantung pada konsumen itu sendiri, mereka lebih memilih baju dengan harga yang tergolong mahal atau harga murah kualitas oke. Di dalam menjalankan persaingan bisnis, pemasar diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi di dalam menciptakan inovasi, hal tersebut menjadi pertimbangan yang sangat penting dalam kegiatan bisnis karena dengan inovasi yang dibuat oleh pemasar mampu membuat perusahaan bertahan dalam suatu persaingan. Para pemasar juga harus menyediakan sarana untuk konsumen agar bisa mencari informasi secara detail.
Dengan potensial nya bisnis Brand Fashion yang marak di era zaman sekarang, Penulis berfikir untuk menciptakan sebuah inovasi Brand Fashion yang bertemakan idealis.
Dari gagasan yang penulis fikirkan penulis ingin menganalisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) bisnis Brand Fashion yang akan penulis buat
- Rumusan Masalah
Mengacu terhadap latar belakang di atas, sehingga rumusan masalah yang akan penulis angkat adalah "Menganalisis STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) dalam upaya meningkatkan inovasi Brand Fashion"
- Tujuan Penulis