Seakan tidak pernah ada habisnya berbagai macam sms yang masuk di hanphone saya setiap hari, baik itu dari operator maupun pihak-pihak komersil lainnya. Tujuannya satu yakni "promo".
Saya sebetulnya tidak terlalu memikirkan masalah masuknya sms dari operator atau pihak-pihak komersil lainnya yang ingin mempromosikan sesuatu. Namun apakah caranya harus dengan mengirim sms dalam jumlah tertentu kesetiap nomor pelanggan, sehingga berkesan sebagai spam?
Kemarin tepatnya tanggal 25 November 2011, ketika saya sedang melaksanakan sholat jum'at. HP saya bergetar beberapa kali menandakan ada sms masuk, awalnya saya pikir itu adalah telepon dari orangtua saya karena bergetar beberapa kali (maklum orang tua saya sering menelpon dan kadang lupa ada perbedaan waktu satu jam antara pulau Jawa dan Sulawesi). Namun ketika selesai sholat jumat, saya membuka inbox dan ternyata sms itu dari McD yang mungkin telah bekerja sama dengan operator SiMerah untuk promo akhir tahun mereka. Isi smsnya yakni:
"Lapar tapi sibuk? Telp14045 McDelivery - 24jam Gratis 2 Teh Botol PET 500ml dengan minimum 100rb hingga 11 Desember 2011"
Sms ini masuk sebanyak 4 kali dengan isi yang sama dalam waktu kurang dari 7 detik. Tidak masalah untuk promo sesuatu namun tolong kepada pihak operator agar tidak mengirim sms berlebihan apalagi kadang-kadang waktunya yang tidak tepat. Hal-hal seperti ini mungkin terlihat sepele, namun jika disaat yang kurang tepat dapat membuat kita kesal, contohnya saat waktu-waktu ibadah dan malam hari saat pelanggan sedang tertidur pulas. Saya dulu sering menerima sms dari operator jam 12.00-02.00 dini hari, namun sekarang sudah tidak lagi.
Satu sms ke setiap pelanggan operator saya pikir sudah cukup. Saya yakin mungkin semua orang juga pernah mengalami hal ini. Terima kasih atas perhatian dari pihak operator.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H