- Pengertian Coaching dan Hubungannya dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara
coaching adalah proses kolaborasi yang berfokus pada solusi, berorientasi pada hasil, dan sistematis dimana seorang coach memfasilitasi peningkatan atas performa kerja, pengalaman hidup, pembelajaran diri dan pertumbuhan pribadi seorang cochee.
Coaching dapat mengeluarkan potensi diri pada coachee sehingga Dalam coacing , coach membantu untuk membangkitkan pemikiran dari coachee agar coachee berpikir dan menemukan solusi atas permasalahan yang di hadapinya .
Dalam hakikatnya di dunia pendidikan coaching sangat  di butuhkan selaras dengan tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yaitu menuntun kodrat alam dan zaman pada diri peserta didik sehingga dapat memperbaiki tingkah lakunya
Dengan menggunakan metode ini, guru dapat mendorong siswa untuk menggunakan keterampilan komunikasi, kolaborasi dan berpikir kreatif.
Sehingga mengahasilkan peserta didik yang berkualitas dan menjunjung tinggi profil pelajar pancasila.
- Keterkaitannya Coaching dengan Pembelajaran BerdiferensiasiÂ
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk meningkatkan potensinya sesuai dengan pembelajarannya, minatnya dan profil belajarnya karena karakteristik seorang siswa berbeda beda sehingga tidak bisa di berikan perlakuan yang sama.
Pembelajaran berdiferensiasi  tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tetapi juga pada proses dan isi/materi. Sehingga Siswa dapat mengeksplorasi konsep-konsep yang ada dalam topik pendidikan. Metode ini memungkinkan siswa untuk memahami dan memanfaatkan ide-ide dari konsep yang diajarkan. Pada saat yang sama, siswa berbakat dapat memperluas pemahaman dan penerapan konsep-konsep pada pembelajaran di kelas.
Keterkaitannya coaching ( guru ) dalam pembelajaran ini adalah kita sebagai Guru harus terus menilai kesiapan dan minat siswa dengan memberikan dukungan dan bimbingan tambahan, serta memperluas eksplorasi dalam pemecahan masalah yang di hadapi siswa dalam proses pembelajaran sehingga menemukan solusi dalam permasalahan tersebut
Dalam penerapan coaching ke siswa guru dapat menentukan tujuan akhir terlebih dahulu dengan mengidentifikasikan masalah dengan mengajukan pertanyaan yang berbobot untuk menggali permasalahan siswa tersebut sehingga siswa mendapatkan rencana aksi serta berkotmitmen dan bertanggng jawab atas permasalahan yang dihadapinya.
- Keterkaitannya Coaching dengan Pembelajaran Social Emosional ( PSE )
Pembelajaran social emosional ( PSE ) pembelajaran yang bertujuan untuk melatih keterampilan sosial-emosional siswa untuk mencapai keseimbangan antara keterampilan akademik dan keterampilan sosial-emosional, dapat membantu mereka menjadi individu yang percaya diri dan bahagia.
Melalui pembelajaran sosial dan emosional, siswa diajak untuk melihat, mendengar, merasakan dan mengalami berbagai pengalaman yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif yang dapat menjadi jembatan menuju kesuksesan siswa di masa depan.
Keterkaitannya pada seorang coaching pada PSE ini adalah dimna seorang guru harus menjalin hubungan yang setara dengan siswa, dapat membentuk kapasitas siswa melalui pertanyaan terbuka  untuk menemukan kelebihan siswa sehingga siswa dapat menemukan masalahnya sendiri  dan memikirkan penyebab masalah, tindakan yang perlu diambil untuk menyelesaikannya dengan begitu siswa tersebut berfikir bahwa masalah  dapat diselesaikan dengan caranya sendiri
- Keterkaitan Keterampilan Coaching dengan Pengembangan Kompetensi Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Keterampilan coaching dengan pengembangan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran sangat berhubungan erat.
Dimana setelah kita melihat prinsip prinsip pada proses coaching dengan menggunakan alur TIRTA yaitu sebagai seorang coach mampu mengeksplorasi kompetensi pribadi coachee dengan mengajukan pertanyaan yang berbobot , dan dari pertanyaan tersebutlah  seorang coach membantu melakukan observasi tentang masalah coachee untuk menemukan perubahan dan solusi.
Bagi  seorang pemimpin pembelajaran sangat lah penting mengembangkan keterampilan coaching pada dirinya dikarenakan dalam menghadapi dunia pendidikan banyak permasalahan yang di hadapi nanatinya, maka dari itu keterampilan coaching harus benar benar tertanam pada diri seorang pemimpin pembelajaran.
Keterampilan coaching di awali pada paradigma berpikir coaching yaitu
Menjadi pendengar yang baik
Bertanya dengan pertanyaan yang berbobot
Mengambil kata kunci dalam permasalahan
Pada hakikatnya tetap memegang prinsip-prinsip coaching pada 3 kunci utama yang harus di kembangkan yaitu :
Membangun etika dan kesepakatan antara coach dan coachee ( kemitraan )
Meningkatkan hubungan dan kepercayaan ( proses kreatif )
Komunikasi efektif dan memfasilitasi proses belajar dan hasil yang di harapkan dari proses coaching tersebut ( memaksimalkan potensi )
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!