Mohon tunggu...
Rahmi Malahayati
Rahmi Malahayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya sekarang adalah mahasiswa disalah satu universitas di Sumatra barat. saya anak ketiga dari berlima bersaudara saya anak perempuan satu satunya . Sekarang saya menyukai Kpop, idol kpop yang saya suka adalah BTS dan bias saya adalah kim seokjin .

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Modul Nusantara Pertama Kelompok Kembang ke Tahura Bandung

13 September 2023   20:50 Diperbarui: 13 September 2023   22:01 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Halooo, salam kenal..

Saya Rahmi malahayati salah satu dari peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3) dari kampus Universitas Bung hatta yang terletak di provinsi sumatra barat pulau Sumatra .Ini merupakan kesempatan emas bagi saya untuk mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka di Universitas Pendidikan Indonesia ,bumi siliwangi, kota bandung . Dalam program pertukaran mahasiswa ini ada kegiatan modul nusantara,dari 487 orang mahasiswa dibagi menjadi 18 kelompok yang berasal dari berbagai pulau indonesia.

Saya tergabung anggota kelompok 12 yang bernama "Kembang"Pada modul nusantara pertama kelompok "kembang" berkunjung ke "Taman Hutan Raya Kota Bandung" disana terdapat dua goa bekas penjajahan . Goa yang saya kunjungi pertama yaitu Goa jepang ,jepang merupakan salah satu negara yang pernah menjajah indonesia selama 3,5 tahun dengan sistem penjajahan yang sangat kejam yang dikenal dengan ROMUSHA. Pribumi bekerja secara paksa dalam proyek infrakstruktur seperti membangun jalan,pelabuhan,landasan pacu dan proyek konstruksi. di goa jepang ini suasana nya gelap,sunyi dan menakutkan ketika menyusuri lorong demi lorong ada beberapa lorong kecil untuk menuju jalan pintas ke arah bukit tanpa adanya cahaya ,bangunan goa jepang ini masih dominan dengan bebatuan.

Terdapat beragam ruangan yang digunakan pada masa penjajahan jepang yang sangat sulit untuk dijumpaii dizaman sekarang.berjarak 1,7 km dapat dapat dijumpai Goa belanda . Belanda merupakan penjajah terlama indonesia yaitu 350 tahun dengan sistem kerja RODI yang merupakan jenis kerja paksa yang diterapkan oleh kolonial balanda. kerja rodi cenderung menggunakan rakyat bebas dan kadang masih mendapat upah walau sedikit atau bahkan tidak dibayar sama sekali. Bangunan goa belanda ini berbeda dengan goa jepang, goa belanda sudah menggunakan semen beda dengan goa jepang yang masih bebatuan, di goa belanda ini juga terdapat rel yang digunakan membawa alat berat.

Tujuan akhir kegiatan kami adalah ke penagkaran rusa yang mana jaraknya 1,2 km dari goa belanda menuju penangkaran rusa ini saya dan teman teman sudah mulai capek karna jarak yang ditempuh sudah terlalu jauh sesampai di penangkaran rusa pun sudah masuk waktu sholat zuhur dan kami melaksanakan sholat secara bergantian karna di penangkaran rusa ini lokasi untuk sholatnya kecil.lalu kami menangmbil dokumentasi di penangkaran rusa menurut saya tempat penangkaran rusa ini sangat memperhatinkan dan tidak sesuai dengan ekspetasi sayayang mana rusanya sedikit dan tempatnya pun sangat memperhatinkan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Jadi kita sebagai anak bangsa harus selalu menjunjung tinggi nilai patriotisme untuk menghargai jasa para pahlawan kita yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia ini.

"Kita tidak berperang bak masa penjajahan, tapi kita melakukan perjuangan".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun