Mohon tunggu...
Rahmayanti Ratnasari
Rahmayanti Ratnasari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang Guru Biologi yang memiliki hobi menulis, dan melakukan penelitian ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Pratice 1 - Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

7 Januari 2023   08:30 Diperbarui: 7 Januari 2023   08:35 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDAHULUAN

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah berdasarkan observasi di kelas, wawancara, dan kajian literatur adalah adanya beberapa permasalahan pada mata pelajaran Biologi yaitu : Guru belum maksimal dalam penerapan model pembelajaran problem based learning, Peserta didik belum terbiasa dalam menganalisis suatu masalah, Guru belum menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan, Peserta didik masih memiliki minat belajar yang rendah.

Menurut Gage dan Berliner dalam Winarsih (2009) untuk meningkatkan minat belajar adalah: pergunakan pujian, pergunakan tes, bangkitkan rasa ingin tahu, merangsang hasrat belajar, melibatkan peserta didik secara aktif, pergunakan simulasi dan permainan, pengawasan suasana sosial sekolah, memahami hubungan pendidik dan pesertadidik. Pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut salah satunya adalah Poblem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah.

Menurut Roni Handika Putra, dkk (2021) dalam jurnal Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning Daring untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan. Alternatif solusi adalah : mengembangakan dan menerapkan model pembelajaran PBL.

Menurut Marianti (2006) bahwa penggunaan permainan dalam pembelajaran dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Selain itu penerapan strategi Bioedutainment yang dilakukan di luar ruang diketahui dapat membuat siswa belajar dalam kondisi menyenangkan.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena sebagai guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami beberapa tahun ini. Praktik pembelajaran ini membuat saya termotivasi untuk membuat design pembelajaran yang inovatif dan variatif. Praktik pembelajaran ini bisa membuat guru lain termotivasi untuk membuat design pembelajaran yang inovatif dan variatif. Praktik pembelajaran ini bisa menjadi sumber referensi guru lain untuk menerapkan model pembelajaran PBL sebagai model pembelajaran inovatif. Praktik pembelajaran ini bisa menjadi sumber referensi guru lain untuk menerapkan Pendekatan TPACK.

Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya dalam pembelajaran ini :

  • Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dengan strategi Bioedutainment memiliki keunggulan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir dan minat siswa karena siswa dituntut untuk memecahkan masalah dan mengkomunikasikan solusi di depan kelompok lain.
  • Pendekatan TPACK yang digunakan dalam pembelajaran yaitu penayangan Digital News tentang Permasalahan Lingkungan di Kabupaten Purbalingga dengan menggunakan Virtual Card yang disajikan dalam Padlet sebagai media pembelajaran dan bahan pengamatan siswa.
  • Guru memberikan motivasi siswa supaya percaya diri dalam mengungkapkan pertanyaan maupun pendapatnya dengan memberikan reward bagi siswa yang aktif.
  • Pembelajaran berbasis HOTS baik dari segi pemberian masalah dan pemberian soal pengetahuan


Tantangan

Tantangan dalam mencapai keberhasilan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran teori Perubahan Lingkungan dengan model pembelajaran PBL adalah : Guru memiliki keterbatasan jumlah soal dengan tingkat C4 keatas khususnya materi biologi, sehingga guru perlu menyusun/membuat soal dengan mencari dari beberapa referensi. Guru perlu memilih model/metode/strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Menganalisis materi dan KD yang tepat untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya di kelas X. Kualitas sinyal internet untuk mengakses sumber bahan diskusi siswa serta pada saat mengerjakan soal pengetahuan pada LMS. Menjaga siswa supaya tetap bersemangat dan tidak mengantuk saat kegiatan diskusi berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun