Mohon tunggu...
Rahmatuz Zahro
Rahmatuz Zahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Student at Sunan Ampel State Islamic University Surabaya

Writing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peluang dan Tantangan Public Relation di Era Digital

27 Juni 2023   07:59 Diperbarui: 27 Juni 2023   08:40 2552
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
illustrasi by canva

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini menghasilkan banyak perubahan pada aktivitas kehidupan manusia. Salah satunya dalam pemanfaatan internet untuk memperoleh informasi. Perkembangan teknologi ini juga memberikan peluang dan tantangan bagi Public Relation (PR).

Pada era digital ini, praktisi PR diharapkan mampu memanfaatkan teknologi. Karena Teknologi sendiri juga memiliki banyak kelebihan dan kemudahan bagi seorang PR. Pekerjaan PR bisa menjadi lebih efisien, terlihat dari sisi pemanfaatan waktu serta biaya dalam menyebarluaskan informasi dalam waktu real-time. Dari segi efektif, terlihat dalam pencapaian target komunikasi khususnya dalam menjangkau khalayak serta mengetahui bagaimana penerimaan khalayak. Dari segi atraktif, terlihat dalam menyampaikan informasi berupa konten-konten yang kreatif dan dari segi interaktif, adanya respon dari khalayak.

Selain itu, teknologi juga memberikan kemudahan-kemudahan bagi PR. Seperti dapat mendeteksi potensi isu yang berkaitan dengan perusahaan produk maupun brand, dapat merespon isu lebih cepat dan tepat sehingga mengantisipasi terjadinya krisis, memantau brand mentions dan bagaimana kecenderungan khalayak terhadap brand, produk maupun perusahaan. Jadi, peluang yang bisa dihasilkan oleh seorang PR di era digital adalah terbantunya untuk membuat konten kreatif dan meningkatkan interaksi dengan audience serta menyebarkan informasi secara real-time dengan lebih efektif dan efisien.

Teknologi memang memiliki banyak kelebihan dan keunggulan. Oleh karena itu, PR akan terus ditantang agar tetap meningkatkan kompetensi. Tantangan-tantangan tersebut diantaranya yaitu menerapkan digitalisasi dalam mensuplai informasi kepada publik, PR harus beradaptasi dalam menguasai teknologi di era digital ini, sebagai PR harus berpikir kreatif dan inovatif  dengan mempertahankan kode etik PR dan sebagai PR harus memiliki kemampuan sebagai konten kreator. Mampu menghasilkan konten yang atraktif, kreatif dan berdampak positif bagi perusahaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun