Pada tulisan yang masih membicarakan tentang pakiah, penulis mengawalinya dengan mengutib kata Ali bin Abi Thalib "Aku akan terus bersabar bahkan sampai kesabaran itu sendiri merasa lelah dengan kesabaranku". Kata-kata sabar sering kita dengar keluar dari seseorang yang mendapat ujian dan cobaan. Kata sabar mudah diucapkan, tapi terkadang sabar itu tidak mudah untuk dipraktekan. Bahkan sering kita dengar dan kita baca dalam tampilan qoute bahwa Sabar itu ilmu tingkat tinggi, belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat dan ujiannya sering mendadak. Hanya orang yang berjiwa besar yang mampu menerapkan sikap sabar ini dalam kehidupan sehari.
Dalam konteks ini Pakiah diuji dan dilatih kesabarannya ketika mereka mendatangi rumah warga untuk mengajaknya bersedekah. Dalam proses itu bagi masyarakat yang kurang berkenan kadang memberikan cibiran dan bahkan ada kata-kata hinaan terhadapnya, tetapi semuanya didengar dengan penuh kesabaran. Kalau istilah dilannya "Sabar itu berat, biar pakiah saja " Meskipun ada ungkapan mengatakan jika sabar ada batasnya, namun ada pula yang mengatakan jika sabar tak ada batasnya. Kondisi apapun pakiah dilatih untuk bersabar.
Dalam pengajian-pengajian yang selalu dibaca dan disampaikan oleh guru-guru di surau bahwa sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. Sebab hakikatnya sabar itu tidak ada batasnya, sehingga disebutkan bukanlah kesabaran namanya jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan namanya jika masih merasakan sakit. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas
Tulisan ini bukan bermaksud untuk membenturkan persoalan atau mengungkit masalah, tetapi lebih kepada merefleksikan proses interaksi dan perlakuan secuil masyarakat terhadap pakiah. Tetapi hal demikian memberikan proses pembelajaran dimana pakiah harus belajar untuk menedahkan hati tapi bukan merendahkan diri.
Sikap seseorang itu terbentuk tergantung kepada bagaimana cara orang memperlakukannya atau yang ghalib disebut dengan istilah aksi dan reaksi. Jika masyarakat memperlakukan dan meresponnya dengan baik, dengan tutur kata yang baik, akan terbentuk sikap yang baik, sikap saling menghargai.
Tentu yang namanya masyarakat, berbagai cara dan bentuk dalam menerima kedatangan pakiah ke rumahnya, ada yang menyambutnya dengan hangat dan ramah, ada sebagian kecil yang meresponnya dengan sinis sambil melontarkan kata-kata yang menyakitkan bagi pakiah yang masih kategori remaja.
Berbagai kejadian dan perlakuan itu mengajarkan pada pakiah untuk memahami realitas sosial masyarakat dalam merespon sesuatu. Tidak semuanya sesuai dengan keinginan dan harapan kita, ada yang suka dan ada yang tidak suka, ada yang terima dan ada yang tidak terima. Pada akhirnya membuat pakih menjadi bisa menerima keadaan dan legowo, serta akan mengajarkan nilai kebijaksanaan dalam menerima perbedaaan.
Dengan demikian pakiah akan menjadi humanis, toleran dan iklusif, bahkan pakiah menjadi bisa memetakan tipologi masyarakat dalam meresponnya. Meskipun ada dari kalangan kelompok tertentu justru menilai pakiah dengan sebutan mempermalukan atau memperburuk citra agama.
Kemudian dalam hidup juga ada pilihan, karena keterbatasan ekonomi pakiah dipilih dalam realitas sosial untuk memungut atau mendorong masyarakat untuk berinfak dan bersedekah. Â Tentu saja mengunjungi rumah warga adalah proses belajar untuk memotret kehidupan masyarakat, ada masyarakat yang hidupnya sederhana, tinggal di rumah sederhana tetapi punya perhatian dan kepedulian yang tinggu, punya semangat untuk berbagi, bersemangat berinfak dan sedekah.
Sebaliknya ada sebagian kecil yang tinggal di rumah mewah dan besar, tapi ketika pakiah datang  ke rumahnya, rumahnya ditutup dan tidak mau membantu pakiah dengan memberikan sedekah ala kadarnya. Maka pakiah bisa saja berkesimpulan bahwa dalam berinfak dan bersedekah itu tidak tergantuang pada kaya atau miskinnya,tetapi tergantung kepada orangnya.
Orang kaya bersedekah itu adalah wajar, orang miskin tidak berinfak juga wajar. tetapi yang bernilai tinggi adalah ada orang miskin tapi gemar berbagi dan berinfak. Yang anomali adalah ada orang kaya tapi pelit, tidak mau berbagi dan tidak mau berinfak. Bahkan ekstrimnya sudahlah tidak memberi malah mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan pula.