Mohon tunggu...
Rahmat Aulia
Rahmat Aulia Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Aceh || Santri Dayah || Freelance Writer ||

Selanjutnya

Tutup

Trip

Obat Rindu adalah Pulang

22 Mei 2022   18:03 Diperbarui: 22 Mei 2022   18:12 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Pribadi/RahmatAulia

Jika orang harus menempuh ratusan bahkan ribuan kilometer untuk pulang kampung, tidak dengan saya. Kedua orang tua saya berasal dari kabupaten yang sama. Lahir, menikah dan tinggal di daerah yang sama. Di satu Kabupaten paling barat Indonesia, Aceh Besar.

Saya adalah anak ke empat dari lima bersaudara dan mempunyai tiga orang kakak perempuan. Dua dari dari tiga kakak perempuan inilah yang saban lebaran akan menjalani mudik. Menempuh ratusan kilometer untuk mengobati rindu.

Saya yang notabenenya masih tinggal dengan orang tua, setiap lebaran hanya stay di rumah. Menunggu kedatangan kakak dengan keluarga kecilnya pulang. Jika mereka sudah tiba, suasana rumah akan langsung ramai dan heboh. Dan tidak perlu waktu lama, rumah akan berubah layaknya kapal pecah. Xixi.

Jika setiap lebaran saya hanya melakukan ritual silaturahmi ke rumah saudara, teman dan guru. Lebaran kali ini sedikit berbeda, karena saya kedatangan seorang teman dari Jakarta. Dia khusus datang ke Banda Aceh seorang diri untuk merasakan suasana lebaran di sini. Dia meminta saya untuk menemaninya jalan-jalan, menyelami lebih dalam adat istiadat masyarakat Aceh secara langsung.

Sebelum tiba, dia mengirim sejumlah uang kepada saya untuk kebutuhan akomodasinya selama di sini. Padahal, saya sudah bilang jangan kirim, dia bisa tidur dan makan di rumah saya saja. Namun dia tetap kekeuh untuk tidak mau merepotkan saya.

Beberapa hari sebelum dia sampai, saya sudah mengirimkan itenary dan kisaran biaya yang dibutuhkan jika ingin liburan di Banda Aceh. Untuk memudahkan dalam melacak serta merekap semua pengeluaran dia selama di sini, saya menggunakan salah satu fitur di BRImo. Fitur pencatat setiap pemasukan dan pengeluaran.

Tampilan Depan BRIMo/Sumber : Pribadi/RahmatAulia
Tampilan Depan BRIMo/Sumber : Pribadi/RahmatAulia

 Penggunaannya cukup mudah, aman dan cepat. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi BRImo di Play Store, selanjutnya kita akan ditanyakan sudah mempunyai akun atau belum. Sekalipun belum mempunyai akun, kita tetap bisa menggunakan fitur tracking pemasukan dan pengeluaran yang satu ini.

Selanjutnya kita tinggal memasukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap transaksi yang kita lakukan. Menurut saya, fitur tracking ini simple dan membantu sekali dalam mengatur keuangan. Sehingga setiap pemasukan dan pengeluaran, besar atau kecil  akan terekap di sini.

Bagi teman-teman yang ingin merapikan keuangannya, bisa banget menggunakan aplikasi yang satu ini. Jadi bisa meminimalisir setiap pengeluaran yang kadang-kadang jadi over akibat tidak dicatat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun