Mohon tunggu...
Rahmat Rizal.
Rahmat Rizal. Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kate

Tulisan yang akan menjadi memori kecil di fikiran kalian.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Al-Hikmah Al-Muta'Ailiyah

21 April 2022   10:13 Diperbarui: 21 April 2022   11:23 2421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Al-hikmah al-muta'aliyah merupakan kajian filsafat islam yang dibawakan oleh sosok filosof muslim yang bernama Mulla Shadra. Kajian filsafatnya adalah sebuah Magnum Opus yang memberikan sumbangsih besar bagi khazanah intelektual islam. 

Aliran filsafat ini disamping memberikan warisan pemikiran yang khas, filsafat islam ini juga dianggap sebagai yang menjembatani antara pemikir-pemikir filsafat dan doktrin-doktrin suci agama, yang berarti antara agama pada satu sisi dan pemikiran logis filsafat pada sisi lain.

Hal ini tergambarkan dimana istilah al-hikmah al-muta'aliyah itu menghimpun bagian burhani, irfani, dan bayani yang memang pada saat itu menjadi perdebatan edan dalam penerimaan terhadap kajian filsafat, mulla sadhra memang sengaja menciptakan filsafatnya agar bisa diterima diberbagai kalangan, baik kaum syiah maupun kaum suni, baik ahli filsafat itu sendiri maupun ulama-ulama kalam, fiqh dan kaum awam.

Trancendent theoshopy (al-hikmah al-muta'aliyah) adalah sejenis hikmah atau falsafah yang memang dilandakan pada fondasi metafisika, yang diperoleh melalui intuisi, dan diformulasikan secara rasional dengan menggunakan argumen-argumen yang rasional dan direalisasikan dengan mengikuti aturan syariat.
 
Konsep al-himah al-muta'aliyah mulla shadra
 
Istilah al hikmah al-muta'aliyah terdiri atas dua kata, yaitu al-hikmah yang berarti kebijaksanaan, dan al-muta'aliyah yang berarti transenden, secara harfiyah, al-hikmah al-muta'aliyah dapat diterjemahkan sebagai teosofi transenden atau puncak kebijaksanaan (gunawan, 2019)

Aliran filsafat islam yang dibawa mulla sadra dianggap sebagai sintesa dari filsafat islam sebelumnya; Masyain (paripatetik) dan isyraqiyyin (illuminasi). Yang dimana paripatetik sebagai filsafat islam yang mendasar kan prinsipnya pada bentuk silogisme Aristotelian yang sangat rasional, seperti ibn sina yang tidak akan membicarakan suatu persoalan yang tidak terbukti secara rasional. 

Di hal lain Shuhrawardi dengan mazhab illuminasinya yang berporos pada neoplatonis menyakini bahwa pengetahuan dengan segala sesuatu yang terkait dengannya hanya bisa dicapai melalui syuhudi atau intuisi dan proses itu hanya bisa di capai dengan melakukan upaya elaborasi rohani.

Al-hikmah al-muta'aliyah yang di anggap sebagai sintesis dari dua paham tersebut, mulla sadra beranggapan bahwa baik akal maupun intuisi keduanya merupakan dualitas yang tidak bisa dipisahkan dalam filsafat. 

Menurut mulla sadra ada tiga prinsip  bagi manusia untuk mendapatkan suatu pengetahuan: wahyu (syar'i), akal (istidlal) dan intuisi ( dzawq atau isyraq) ke tiga prinsip itu yang dapat merumuskan manusia bisa sampai pada pengetahuan tentang puncak kebijaksanaan (al-walid, 2005)

Adapun pokok-pokok pembahasan dalam al-hikmah al-muta'aliyah yang di kemukakan oleh mulla sadhra secara khusus adalah sebagai berikut:
 
1. Ashlatul wujud wa I'tibariyatul mahiyat ( kehakikian eksistensi dan suatu penisbatan entitas ) bahwa wujud merupakan ungkapan untuk realitas secara mutlak. Di luar dari itu, yakni segenap ungkapan dan konsep lain yang terdapat dalam perbendaharaan bahasa manusia, yang dalam istilah para filosof islam disebut mahiyyah- yang itu merupakaan rekaan manusia (I'tibariyyah). 

Semua konsep selain wujud hanyalah batasan konseptual atau ilustrasi dari wujud. Dalam hal ini suatu esensi tidak memiliki dirinya sendiri dan apapun yang ada padanya adalah karena hubungan dengan eksistensi, sedang eksistensi bersifat nyata berkat manivestasi dan hubungan nya dengan eksistensi mutlak, yaitu tuhan.

2. Tasykikul wujud (Gradasi Eksistensi) adalah wahdatul wujud dalam aspek pluralitas. Hakikat dari wujud yang paling dalam adalah adanya satu kesatuan, sedangkan fenomena yang tampak sebagai keragaman adalah penampakan luar dan sesuai dengan cara manusia memandangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun