Mohon tunggu...
RAHMAT GUNAWIJAYA
RAHMAT GUNAWIJAYA Mohon Tunggu... Administrasi - PENULIS Sejarah

Penulis sejarah yang pernah kerja di perbankan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pesawat Telepon di Hotel Masih Pentingkah?

17 Desember 2022   12:40 Diperbarui: 17 Desember 2022   14:55 1514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: dok pribadi telepen di hotel neo mangga dua

Pesawat Telepon adalah suatu alat komunikasi  melalui saluran kabel dengan beberapa tombol angka manual untuk mengirim pesan suara baik melalui panggilan suara atau pun menerima panggilan dengan biaya beban berupa pulsa yang dihitung melalui lama durasi percakapan dalam satuan detik atau menit

Di zaman pesatnya teknologi informasi fungsi pesawat telepon sebagai alat penyampai pesan sudah mulai tergantikan oleh perangkat handphone atau smartphone yang sifatnya mobile atau personal serta bisa mengirimkan pesan berupa teks tulisan, foto dan video tidak hanya suara.

Di masa sekarang pelanggan telepon biasanya lebih digunakan di perkantoran , rumah sakit atau hotel. Untuk Hotel sendiri pesawat telepon biasanya diletakkan di meja resepsionis, meja manajer, layanan room service, restaurant, dan setiap kamar terutama untuk hotel bintang  tiga keatas pesawat telepon adalah salah satu perangkat yang tersedia di setiap kamar hotel untuk layanan tamu.

Pesawat telepon yang ada di kamar hotel berfungsi untuk alat komunikasi para tamu yang menginap, dengan pihak layanan hotel seperti layanan resepsionis,pesanan taksi hotel,  layanan room service untuk kebersihan atau layanan sarana kamar, dan juga layanan pesanan makanan dari resto hotel ke kamar.

Sehingga adanya pesawat telepon memudahkan tamu untuk memesan dan membuat pengaduan atau laporan terkait layanan hotel cukup dari kamar tidur. Selain itu adanya pesawat telepon di kamar hotel juga sebenarnya bisa meningkatkan penjualan hotel karena tamu bisa menambah pesanan baik berupa pesanan makanan dari resto hotel yang tersedia, layanan laundry hotel sampai jasa taksi atau rental mobil yang sudah bekerjasama dengan Pihak Hotel

Selain itu pesawat telepon di hotel juga berfungsi sebagai  sarana komunikasi bagi tamu dengan para teman yang menginap di hotel yang sama tapi di kamar atau lantai  yang berbeda  karena bisa koneksi antar kamar dengan menombol nomor kamar yang dituju. Selain itu pesawat telepon juga berfungsi sebagai alat keamanan, karena untuk mencegah hal yang tidak diinginkan jika ada orang yang belum dikenal  ingin berkunjung ke kamar yang sudah ada tamunya , biasanya harus lewat seleksi keamanan oleh resepsionis dulu untuk memastikan orang yang datang berkunjung dikenal oleh tamu yang menginap dan juga bersedia menerimanya di kamar dengan menelepon terlebih dahulu lewat telepon di kamar untuk memastikan keamanan para tamu dihotel.

Tapi apa jadinya jika telepon di kamar tempat kita menginap tidak berfungsi atau rusak dan ini saya alami saat selepas chek in menginap di Hotel Neo Mangga Dua Jakarta, karena juga sudah jadi kebiasaan saya jika menginap di hotel saya akan cek kondisi fasilitas kamar apakah berfungsi dengan baik , kebetulan setelah berganti pakaian saya coba merebus air dengan teko pemasak air dan tidak berfungsi , padahal sangat ingin minum kopi di kamar, dan tentunya saya langsung telepon layanan kamar untuk menyampaikan keluhan dan oo o ternyata teleponnya tidak berfungsi dan hanya terdengar nada tut tut tut yang membuat jengkel

Karena saya menginap di lantai 3 maka  mau tak mau saya harus keluar kamar menuju lift untuk turun ke lantai 1 ke meja resepsionis untuk menyampaikan keluhan, dan syukurlah setelah turun ke lantai 1 dan menyampaikan laporan pengaduan saya tidak sampai 10 menit begitu naik dan masuk kembali ke kamr sudah ada teknisi yang datang memperbaiki pesawat telepon yang di kamar serta mengganti dengan teko pemasak air.

Tentunya ini menunjukkan pentingnya ada pesawat telepon di kamar karena setiap tamu tentu tidak tahu dan harus menelepon lewat handphone ke nomor berapa di tempat hotel dia menginap jika terjadi masalah terhadap layanan sarana kamar atau meminta bantuan atau informasi terkait situasi dan fasilitas di sekitar hotel. Dengan adanya telepon di kamar tentu akan lebih praktis dan aman.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun