Mohon tunggu...
RAHMAT GUNAWIJAYA
RAHMAT GUNAWIJAYA Mohon Tunggu... Administrasi - PENULIS Sejarah

Penulis sejarah yang pernah kerja di perbankan

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Cara BCA Berkomunikasi dengan Nasabah Milenealnya

18 Mei 2019   05:51 Diperbarui: 18 Mei 2019   05:57 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perbankan di era digital saat ini dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang serba cepat, mudah dan effesien. Ini mengingat juga karakteristik nasabah bank yang mayoritas akan berasal dari generasi millineal yakni generasi yang lahir diatas tahun 1980 an, yang jika ditilik usianya pada tahun 2018 ini adalah berusia 18 tahun sampai dengan 40 tahunan. Generasi millineal adalah generasi yang melek internet, mudah bosan, mudah berpindah, kritis dan serba cepat menangkap perubahan informasi disamping juga generasi yang agak konsumtif tapi kreatif didunia ekonomi dan bisnis.

Menurut idn times 2019 ciri generasi milineal adalah sebagai berikut

1. Gampang bosan pada barang yang dibeli

Millenials adalah generasi yang mudah dipengaruhi iklan karena iklan merecoki pikirannya dari bangun tidur sampai menjelang tidur dan masuk melalui layar smartphone mereka kalau sedang keluar produk baru. Dengan mudahnya mengakses internet, tinggal pencet, dan dapatlah akhirnya barang yang diidam-idamkan.

Millineal mudah memutuskan membeli suatu barang tapi di balik itu, ternyata kaum millennial mudah bosan dengan barang yang mereka miliki lho! Makannya gak heran, barang-barang mereka biasanya berakhir di situs jual beli online.

2. 'No Gadget No Life'

Generasi millineal tidak bisa lepas dari gadget, dari sejak bayi, belajar, makan tidur maka gadget komunikasi selalu di dekat mereka , sehingga ada idiom baru para millineal lebih memilih ketinggalan dompet berisi uang daripada harus ketinggalan gadget dalam genggaman saat pergi keluar rumah.

3. Hobi melakukan pembayaran non-cash

Millineal lahir saat ATM dan kartu Debit sudah bertebaran di dunia bisnis dan ekonomi, ditambah maraknya kartu elektronik untuk pembayaran non tunai beserta aplikasi mobile banking dan alat pembayaran seperti Go Pay dan Ovo sehingga pembayaran non tunai sudah menjadi kebiasaan hidup mereka.

4. Memilih pengalaman daripada aset

Generasi Millineal adalah generasi yang suka bepergian, traveling untuk menambah pengalaman hidup, suka selfie untuk menunjukkan ekpresi dan status hidupnya dan ini juga didukung dengan gadget yang setia ditambah aplikasi pembayaran non tunai untuk mewujudkan keinginan mereka

Bank BCA selaku bank yang dinamis mengikuti perkembangan zaman selalu berusaha menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah millinealnya melalui komunikasi layanan yang fleksibel, mudah dan cepat melalui aplikasi mobile bankingnya. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) lewat aplikasi mobile banking (m-BCA) menambah fitur baru berupa widget keyboard bertajuk BCA Keyboard.

Layanan keyboard ini dapat mempermudah nasabah pengguna mobile banking untuk melakukan transaksi secara instan tanpa membuka aplikasi m-BC.

Ada dua tahapan yang mesti dilakukan nasabah untuk mengaktifkan layanan anyar ini. Pertama, nasabah harus melakukan aktifasi via m-BCA. Kedua, nasabah harus menjadikan BCA keyboard utama di telepon pintar (smartphone). Setelah dua langkah ini rampung, nasabah sudah bisa mulai bertransaksi dengan menyentuh logo BCA pada bagian kiri bawah keyboard di smartphone.

Adapun, layanan perbankan yang disajikan dalam fitur ini antara lain cek saldo, transfer rekening sesama BCA dan virtual account hingga cek mutasi rekening. Bukti transaksi juga bisa secara langsung dibagikan, tanpa harus repot screenshot atau copy paste teks. Tentunya, untuk menjaga keamanan. Nasabah harus memasukkan PIN terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Mengingat ini bulan Ramadhan yang ditandai juga dengan meningkatnya berbagai macam kebutuhan rumah tangga untuk bulan puasa maka permintaan akan barang dan jasa juga akan meningkat pesat terutama di pasar online atau market place , adanya BCA Keyboard ini tentu sangat membantu para nasabah milleneal berbelanja keperluannya saat bulan puasa ditambah nanti saat lebaran dimana akan banyak kegiatan traveling yang membutuhkan transaksi non tunai bagi kalangan millineal yang sibuk bekerja sambil menyiapkan rencana travelingnya setelah lebaran.  Demikian lah cara BCA berkomunikasi dengan nasabah millenealnya saat ini, dengan BCA Keyboard transaksi keuangan dapat dilakukan dengan cepat , mudah dan murah.

rahmat gunawijaya/www.facebook.com/rahmat.gunawijaya.7

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun