Surat atau dalam bahasa inggrisnya letter adalah media yang sudah sejak ribuan tahun digunakan manusia untuk menyampaikan pesan, perintah, berita dan informasi dengan tujuan tertentu, agar sang penerima surat menjadi tahu dan bisa menindaklanjuti isi surat yang diterimanya. Dalam perkembangangan zaman surat bertransformasi dalam bentuk digital seperti electronic mail atau e-mail atau juga surat cetak yang diubah format menjadi bentuk PDF agar bisa dikirim via media online seperti whats ap, facebook  dan instagram.
Bagi anak muda yang bekerja dan lahir pada zaman milineal menerima surat undangan, panggilan , perintah dalam bentuk e-mail, whats ap, sms atau dalam bentuk elektronik lainnya mungkin dianggap biasa, karena mobilitasnya yang tinggi yang penting pesan dapat tersampaikan, tapi jika mengirim pesan  ke atasan yang lebih tua atau  mengundang surat pemberitahuan secara elektronik via sms misalnya ke orang Indonesia yang berusia diatas 50 tahunan akan dianggap kurang sopan dan kurang menghormati.
Tapi bagaimana kita dapat menyampaikan surat ke banyak alamat yang berbeda dengan waktu yang singkat jika suratnya berbentuk kertas konvensional maka saya akan membagi trik berdasarkan pengalaman mengantar surat baik dinas maupun undangan yang bersifat pribadi sebagaimana berikut :
1. Pilah surat berdasarkan profil tujuan misal alamat rumah atau kantor dan lembaga, yang termudah memang mengirim surat ke alamat kantor ke orang yang masih aktif bekerja disamping resmi juga bila tak bertemu, ada orang yang bisa dititipi surat misal satpam atau karyawan kantor.
2. Pilah juga berdasarkan profil keluarga terutama yang tinggal satu rumah maupun satu asrama atau satu kos kosan untuk mempermudah pengiriman.
3. Antar surat ke alamat atau lokasi yang paling jauh sebagai prioritas karena jika yang jauh telah menerima surat maka alamat ke lokasi terdekat juga Insya Allah akan mudah dan cepat disampaikan.
4. Antar surat ke yang lebih tua dulu jika dalam keluarga dan untuk lembaga resmi antar surat ke staf atau pejabat yang lebih rendah terlebih dahulu karena pejabat tinggi biasanya sibuk dengan harapan staf atau pejabat dibawahnya bisa membantu menginformasikan surat ke atasannya lebih cepat, karena ada teori gosip dan berita lebih mudah menyebar dari bawah.
5. Jangan menunda waktu antar surat secepat mungkin.
Demikian tips dan trik  dari saya semoga, bermanfaat salam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H