Mohon tunggu...
TapselMadina
TapselMadina Mohon Tunggu... Lainnya - وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُون

Seputar Info TapselMadina

Selanjutnya

Tutup

Money

3 Tahun Bersama Tabungan Easy Wadiah

22 Mei 2021   11:09 Diperbarui: 22 Mei 2021   11:26 2772
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perbankan telah menjadi industri jasa yang memberikan sumbangan terhadap pendapatan nasional negara. Perbankan memiliki fungsi sebagai suatu lembaga keuangan perantara untuk menyalurkan kembali dan menampung dana masyarakat bersifat produktif (Kasmir, 2014). Melalui bank syariah masyarakat milenial sekarang pandai dan bijak dalam memilih bank dan jenis pembiayaan yang mana supaya dapat memenuhi kebutuhan kehidupannya. 

Awal duduk dibangku perkulihan membuat sedikit kewalahan bagi para  orang tua dalam mengirimkan biaya kebutuhan hidup selama kuliah. Bagaimana agar anaknya dapat menyimpan uang yang dikirim dengan baik sebelum waktu pengiriman berikutnya, serta agar tidak mudah hilang atau diambil oleh teman-temannya. Untuk menjawab itu semua produk dari keuangan syariah ini mungkin menjadi solusinya. Produk Tabungan Easy Wadiah namanya, dimana produk lembaga keuangan syariah yang dibuat oleh PT. Bank Syariah Mandiri. Awal mula saya menggunakan produk perbankan syariah khususnya akad Tabungan Easy Wadiah sejak saya memasuki kuliah awal semester 2. Awal masuk semester 1 di Kampus IAIN Padangsidimpuan membuat kewalahan bagi orang tua saya dalam mengirim biaya kebutuhan. Pertama mengirim Ibu saya selalu menggunakan jasa kirim melalui angkutan umum. Akhir semester 1 pun berakhir, tiba semester 2 saya mulai memikirkan bagaimana agar orang tua saya lebih mudah dalam mengirim kebutuhan saya selama kuliah. Suatu hari saya pergi ke Bank Syariah Mandiri di Kota Padangsidimpuan, yang sekarang telah bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia. Saya kesana ingin menjumpai salah satu Coustumer Servis Bank Syariah Indonesia. Saya ingin menanyakan produk apa yang cocok bagi seorang pelajar khususnya bagi kalangan mahasiswa. Setelah dijelaskan oleh si Coustumer Servis, saya tertarik untuk menggunakan akad dengan produk Tabungan Easy Wadiah. Akhirnya saya membuka tabungan di Bank Syariah Indonesia dengan produk tersebut. Tabungan Easy Wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat dan selama jam kas dibuka pada konter Mandiri Syariah (webform.bsm.co.id). Manfaat dari produk tabungan wadiah ini sangat banyak, diantaranya:

1. Biaya administrasi setiap bulanan cuman 1000.

2. Biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Syariah Mandiri gratis.

3. Online diseluruh outlet Bank Syariah Mandiri.

4. Mudah dalam pelayanan melaui M-Banking.

5. Kartu ATM produk tabungan wadiah dapat dilakukan seluruh jaringan Mesin ATM Mandiri, Bersama, dan Prima.

6. Biaya transaksi diseluruh mesin EDC Mandiri dan EDC Prima gratis.

7. Dapat melakukan penyaluran zakat, infaq, dan sadakah.

Untuk resiko pada produk tabungan wadiah ini tidak ada. Persyaratan dalam mendaftar produk tabungan wadiah ini cukup KTP atau KTM bagi seorang pelajar. Produk tabungan wadiah memiliki fitur dan biaya sebagai berikut; produknya dengan akad simpanan atau dikenal dengan wadiah yad dhamanah, saldo dapat di cek melaui Mobile BSI, setoran awal minimumnya Rp. 100.000, setoran berikutnya minimal Rp. 10.000, saldo minimum Rp. 50.000, penarikan uang di mesin ATM gratis (wawancara dengan costumer service BSI KC Padangsidimpuan).

Sekarang saya sudah semester 6, sudah tiga tahun bersama produk Bank Syariah Indonesia dengan akad Tabungan Wadiah. Alhamdulillah produk Tabungan Easy Wadiah memudahkan saya dan orang tua saya dalam pendidikan saya selama ini. Tabungan Easy Wadiah ini sangat membantu saya dalam memanagement keuangan disaat orang tua belum mengirim uang keperluan kebutuhan dan perkulihaan. Tabungan Easy Wadiah dapat bertransaksi melalui M-Banking BSI, sehingga mempermudah saya dalam berbelanja di supermarket dengan cara scane QR codenya. Selain itu, melalui M-Banking BSI saya dapat melakukan berbagi-Ziswaf. Berbagi Ziswaf adalah suatu bentuk infaq dan sadakah kita hanya dengan genggaman android saya. Selain berbagi Ziswaf saya juga dapat melakukan transfer dan membayar belanjaan saat belanja online. Semuan itu jenis transaksi yang saya lakukan akan otomatis terpotong dari saldo Tabungan Easy Wadiah dan saldo dapat dilihat setelah melaukan transaksi di M-Banking BSI.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun