Seminggu yang lalu Indonesia memasuki era kepemimpinan yang baru. Jokowi dan JK di daulat menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia yang baru. Setelah membentuk sebuah kabinet dengan tag line kerja, kerja, kerja, para menteri memulai marathon dengan start ala sprint. Tidak ada masa bulan madu, langsung tancap gas mulai dari hari pertama. Seperti tidak ingin membuang waktu, beberapa kementerian telah memulai start sprint mereka dengan rapat-rapat di jajaran kementerian masing-masing. Pada rapat perdana yang digelar sehari setelah pelantikan, Presiden Jokowi memberikan arahan yang secara pribadi sangat penting yakni melepas ego sektoral masing-masing kementerian. Ini bukan arahan yg baru, namun penekanan Presiden dalam kalimat-kalimat awal rapat cabinet nya memberikan sinyal bahwa ini adalah hal yang utama dan pertama yang harus dilaksanakan.
Dalam dunia statistika seringkali diperlukan penyusunan sebuah model yang baik. Model ini tersusun atas variable bebas dan variable terikat. Variabel bebas adalah variable yang menjadi penentu dan sifatnya bebas, sedangkan variable terikat adalah output atau hasil yang diharapkan tercermin oleh keberadaan variable bebas. Analogi penyusunan model ini dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan inisiatif-inisiatif yang akan dilaksanakan oleh pemerintah melalui berbagai kementeriannya. Let’s say pemerintah mempunyai empat inisiatif yaklni A, B, C dan D dilaksanakan oleh empat kementerian yang berbeda namun mempunyai tujuan yang sama let’s say X. Apakah kita dapat dengan yakin mengatakan bahwa jika semua inisiatif ini dilakukan secara baik maka output nya menjadi A+B+C+D?? Jawaban belum tentu. Pada saat inisiatif ini disusun tentu menggunakan asumsi (jika begini maka begitu) , semakin banyak asumsi yang digunakan maka semakin luas range output dari inisiatifnya. Berikut beberapa penyebabnya:
·Interaksi dan kanibalisasi dari berbagai inisiatif. Bisa jadi dua inisiatif membutuhkan sumber daya yang sama sehingga keduanya saling berkompetisi mendapatkan sumber daya yang sama.
·Output dari inisiatif itu sejatinya terbatas. Penjelasan dalam bentuk contoh akan lebih memudahkan, jika peningkatan devisa kita maksimum hanya 300 trilyun maka sebanyak apapun inisiatif yang ada tidak akan pernah membuat devisa kita menjadi 600 trilyun. Anda bisa membayangkan jika setiap kementerian pada akhir inisiatif mengklaim keberhasilan inisiatifnya. Inisiatif A diklaim meningkatkan devisa 200 T, Inisiatif B 200 T, Inisiatif C 100 T, Inisatif D 100 T. Totalnya 600 T padahal kenyataanya naiknya Cuma 300 T.
Kita bisa membayangkan berapa banyak inisiatif yang akan dilakukan oleh pemerintah, dengan berbagai macam asumsi yang dipasangkan. Sekarang anda bisa membayangkan betapa susahnya melakukan sinkronisasi inisiatif inter dan antar kementerian. Beberapa inisiatif yang simple, executable dan terukur akan jauh lebih baik dibandingkan dengan banyak inisiatif namun ribet dan susah dilaksanakan. Selamat bekerja!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H