Mohon tunggu...
Rahma sabela wijaya
Rahma sabela wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya mahasiswa dari Universitas Muhammadaiyah Yogyakarta

mahasiswa UMY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pemasaran UMKM di Dusun Nampan, Nomporejo, Kulon Progo oleh KKN UMY

21 Mei 2023   22:21 Diperbarui: 21 Mei 2023   22:43 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan pemberdayaan karang taruna dalam pemasaran UMKM di dusun Nampan merupakan program kerja dari mahasiswa KKN UMY yang dilaksanakan selama 2 hari pada hari sabtu dan minggu pada tanggal 4 & 5 februari 2023 yang diikuti secara langsung oleh pemuda dan pemudi  karang taruna di dusun Nampan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan karang taruna untuk memasarkan produk UMKM di dusun Nampan kegiatan tersebut diisi langsung dari mahasiswa UMY.

Materi tersebut berisi tentang design, e-commerce, dan marketing hal hal tersebut merupakan hal penting dalam memasarkan sebuah produk. Dalam materi design para mahasiswa umy mengajarkan bagaimana cara mendesign sebuah logo untuk produk UMKM agar packaging yang digunakan juga lebih menarik kemudian cara untuk mengedit postingan di social media agar lebih menarik.

Kemudian materi e-commerce yang dipaparkan yaitu cara mendaftarkan akun e-commerce yaitu melalui shopee yang di gunakan untuk menjualkan produk produk UMKM di dusun Nampan tersebut yang akan dikelola langsung oleh pemuda pemudi karang taruna tersebut. selanjutnya materi marketing yang dijelaskan tentang hal hal yang perlu dilakukan dalam suatu pemasaran produk UMKM. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan para pemuda karang taruna dalam memasarkan suatu produk dan dapat membantu para UMKM dusun tersebut agar dapat dijangkau masyarakat lebih luas.

Dengan adanya pemberdayaan bersama karang taruna tersebut mahasiswa UMY mengharapkan agar materi yang telah diberikan dapat membantu masyararakat dan para UMKM dan di dusun Nampan tersebut karena para pemuda dan pemudi lebih mengerti tentang cara memasarkan produk melalui digital marketing. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun