Mohon tunggu...
Rahma sabela wijaya
Rahma sabela wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya mahasiswa dari Universitas Muhammadaiyah Yogyakarta

mahasiswa UMY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM Dusun Nampan, Nomporejo Secara Digital oleh KKN UMY

21 Mei 2023   20:36 Diperbarui: 21 Mei 2023   20:40 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kegiatan sosialisasi pemasaran produk UMKM di dusun Nampan tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari UMY yang sedang melaksanakan KKN. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 08 februari 2023 yang bertujuan untuk mengsosialisasikan kepada masyarakat dusun Nampan dalam memasarkan produk UMKM. Yang diisi oleh secara langsung oleh pemateri dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kulon Progo oleh ibu Eni Hidayati, S.P dan bapak Hasnanto, S.E beliau memaparkan beberapa materi kepada warga dusun nampan salah satunya cara memasarkan produk melalui digital marketing dan peningkatan kualitas produk bagi UMKM dan perijinan. 

Antusias warga dalam mengikuti sosialisasi tersebut sangat banyak karena mereka juga minim pengetahuan tentang cara memasarkan suatu produk agar lebih dijangkau masyarakat lebih luas. Banyak sekali berbagai produk UMKM yang di produksi secara langsung oleh warga dusun Nampan seperti keripik lidah buaya, dawet lidah buaya, akar kelapa, keripik bonggol pisang dan cathering makanan. produk produk tersebut masih diperjual belikan hanya di warung warung kecil yang ada di dusun Nampan tersebut sehingga produk tersebut belum banyak dijangkau oleh masyarakat secara luas. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan sosialisai tersebut seperti halnya masyarakat yang belum tau tentang pentingnya pemasaran melalui sosial media.

Dokpri
Dokpri

Hal yang sangat diperlukan di era saat ini dalam memasarkan suatu produk yaitu melalui digital marketing hal tersebut dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Canggihnya sosial media tersebut dapat juga memasarkan produk hingga ke luar kota melalui e-commerce seperti: Shopee, Tokopedia, Lazada dan berbagai macam e-commerce lainnya. mari saat ini kita harus membantu para UMKM indonesia untuk lebih maju.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun