Mohon tunggu...
Rahma Nuryanti
Rahma Nuryanti Mohon Tunggu... Lainnya - Statistisi

@rahmakristianto

Selanjutnya

Tutup

Money

The Power of BTS "ARMY", Taktik Jitu Marketing McD

11 Juni 2021   13:06 Diperbarui: 11 Juni 2021   13:46 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BTS atau "Bangtan Sonyeondan" (방탄소년단)   telah berhasil memikat kalangan muda dan memengaruhi gaya hidup mereka. Bahkan mereka sangat loyal dengan grup band yang sangat mereka idolakan, grup penggemar BTS dikenal dengan A.R.M.Y atau Adorable Representative M.C for Youth.

Daya Tarik BTS yang luar biasa ini, membuat gerai makanan cepat saji Mc Donald menggandeng grup Band ini untuk meluncurkan menu spesial "BTS Meal".  Menu ini terdiri  Chicken McNuggets, kentang goreng medium, Coke berukuran sedang, dan dua saus. Sejak diluncurkannya, Menu ini membuat para A.R.M.Y rela mengantri sendiri di gerai Mc Donald ataupun melakukan order online. Sehingga terjadi kerumunan massa di tengah pandemi dan menyebabkan penutupan gerai. 

Apa yang spesial dari menu BTS Meal ini? Sehingga menjadi incaran para A.R.M.Y....

Dari segi menu yang disajikan, BTS Meal ini merupakan menu yang biasa kita temui di gerai Mc Donald, namun yang menjadikannya luar biasa, ketika pemasaran Menu tersebut dikolaborasikan dengan fanatisme terhadap Band tertentu.  BTS Meal, dikemas dalam kemasan berwarna ungu terdapat tulisan logo BTS. Logo BTS ini yang membuat para ARMY rela antri berjam-jam untuk mendapatkan menu BTS Meal.

Apa yang dilakukan Mc Donald untuk melejitkan omzet ditengah pandemi ?

Mc Donald sebagaimana gerai cepat saji lainnya memiliki tiga channel pemasaran yaitu drive thru, order delivery dan order online. Pembatasan pemasaran ini membuat para customer penasaran.Adanya kolaborasi BTS dengan Mc Donald berhasil memanfaatkan rasa penasaran dan psikologis BTS ARMY, sehingga mampu menaikkan omzet penjualan BTS Meal.

Dengan melakukan Brand Building yaitu membangun awareness atau kesadaran pelanggan terhadap BTS Meal. Mc Donald telah berhasil membangun kedekatan dengan para ARMY Indonesia. Sehingga ARMY yang setia dan loyal ini pun akhirnya ikut berkontribusi dalam pemasaran. Hal ini ditunjukkan dengan suksesnya penjualan BTS Meal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun