Universitas Negeri Malang (UM) yang terdiri dari 8 orang membantu program branding untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) mebel di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat, 10 Oktober 2024.Â
Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)Program branding ini merupakan bagian dari program KKN yang dilakukan mahasiswa UM untuk meningkatkan daya saing produk mebel lokal serta berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Mahasiswa KKN secara aktif terlibat dalam membantu para pengrajin mebel untuk menciptakan identitas merek yang menarik. Proses branding yang dilakukan yaitu mahasiswa membantu mengambil foto produk mebel dengan kualitas tinggi untuk digunakan dalam katalog produk, media sosial dan promosi lainnya. Selain itu, mahasiswa juga membuatkan sebuah video yang bertujuan untuk mempromosikan produknya kedalam media sosial agar UMKM mebel tersebut dapat diketahui oleh banyak masyarakat diluar Desa Ngadimulyo.Â
Salah satu pengrajin mebel, pak Abdul Rohman, merasa sangat terbantu dengan program ini. "Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UM yang telah membantu saya dalam meningkatkan kualitas branding produk saya. Dengan adanya foto dan video yang menarik, saya yakin produk saya akan lebih mudah dikenal dan diminati oleh konsumen," ujarnya.Â
Melalui kegiatan branding ini merupakan bentuk nyata dari kontribusi kami untuk meningkatkan daya saing UMKM mebel di Desa Ngadimulyo. Kami berharap dengan adanya branding yang baik, produk mebel dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. Selain itu kegiatan ini juga sejalan dengan SDGs, khususnya tujuan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan pembangunan yang berkelanjutan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H