Di era digital saat ini, komunikasi memainkan peran sentral dalam transformasi pelayanan publik. Teknologi informasi telah menciptakan peluang baru untuk menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih efektif, efisien, dan transparan.
Pelayanan publik yang baik tidak hanya bergantung pada kebijakan yang diterapkan, tetapi juga pada cara pemerintah berkomunikasi dengan masyarakatnya. Transformasi komunikasi yang baik mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat, mengurangi kesenjangan informasi, dan mempercepat respons terhadap kebutuhan publik.
Salah satu contoh transformasi komunikasi dalam pelayanan publik di Indonesia adalah implementasi sistem pengaduan online Lapor Mas Wapres yang rilis pada, Senin (11/11/2024. Aplikasi ini dirilis pada akun sosial media resminya @gibran_rakabuming yang bertujuan untuk pengaduan masyarakat yang bisa langsung ke istana wapres di jakarta maupun melalui WhatsApp 08111- 704-2207
Dampak posisitif pada pelayanan Efisiensi Pengelolaan Pengaduan Proses pelaporan menjadi lebih cepat dan transparan, karena laporan dapat dilacak status penyelesaiannya. Peningkatan Kepercayaan Publik Dengan adanya respon yang cepat, masyarakat merasa suaranya didengar dan dihargai, Data untuk Perbaikan Layanan, Data pengaduan yang terkumpul dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah utama dalam pelayanan publik dan merancang solusi yang lebih baik.
Transformasi komunikasi merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan memanfaatkan teknologi digital, pemerintah dapat menciptakan sistem yang lebih transparan, responsif, dan inklusif. Namun, untuk mencapai hasil yang optimal, diperlukan strategi yang matang, sumber daya yang memadai, dan upaya untuk mengatasi tantangan yang ada.
Cepat tangkapnya pemerintah dalam memberikan solusi atau merespon adalah hal yang diimpikan masyarakat terutama dalam beberapa kasus dimana masyarakat tidak bisa mempercayai siapa lagi termasuk aparat. dilihat dari beberapa kasus sebelumnya pun keamanan identitas pelapor juga harus di jaga dengan baik.
identitas yang dapat terjaga dengan baik akan memperikan apresiasi yang lebih besar kepada stake holder yang bertanggung jawab didalamnya. begitulah sebuah sistem pelayanan yang di impikan oleh khalayak umum tanpa sebuah regulasi yang panjang dan akhirnya menghentikan niat pelaporan karena sistem yang ada sebelumnya. diharapkan dengan inovasi yang sudah dominan disadari ini dapat memberikan kontribusi besar untuk negara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H